DetikNews
Rabu 31 Mei 2017, 16:49 WIB

Sultan HB X Persilakan Perumahan Buruh Dibangun di Sultan Ground

Edzan Raharjo - detikNews
Sultan HB X Persilakan Perumahan Buruh Dibangun di Sultan Ground Sri Sultan Hamengku Buwono X. Foto: Bagus Kurniawan/detikcom
Yogyakarta - Buruh di Yogyakarta mengusulkan agar tanah sultan atau Sultan Ground (SG) dan Pakualam Ground bisa dimanfaatkan untuk membangun perumahan bagi buruh. Usulan ini disampaikan langsung ke DPRD DIY.

Usulan disampaikan oleh Aliansi Buruh Yogyakarta (ABY) dan konfederasi serikat pekerja seluruh Indonesia (KSPSI) DIY, di Gedung DPRD DIY, Jalan Malioboro, Yogyakarta, Rabu (31/5/2017)

Sekjen ABY, Kirnadi mengatakan bahwa mahalnya harga rumah di Yogyakarta membuat buruh terancam menjadi tunawisma. Pemerintah diminta turun tangan untuk bisa menyediakan rumah murah bagi buruh.

"Kita menginginkan tanah menggunakan SG dan PAG untuk kesejahteraan dengan dibangun perumahan untuk buruh. Pemda dan pusat agar berkolaborasi. Pusat menyediakan mekanismenya," kata Kirnadi.

Menanggapi hal itu, Gubernur DIY Sri Sultan HB X mengaku tak mempermasalahkan sultan ground untuk dibangun perumahan buruh. Namun soal siapa yang akan membangun perumahan tersebut, apakah dari program pusat atau akan pihak lain, dia belum mengetahuinya.

"Kalau saya tidak masalah, silakan saja. Di mana lokasinya, saya tidak tahu. Kita lihat nanti," kata Sri Sultan HB X usai menghadiri rapat paripurna di DPRD DIY.
(sip/sip)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed