DetikNews
Kamis 18 Mei 2017, 23:59 WIB

Ikut Invesda Expo, Pemkab Jayapura, Sajikan Makanan Khas Papua Gratis

Usman Hadi - detikNews
Ikut Invesda Expo, Pemkab Jayapura, Sajikan Makanan Khas Papua Gratis Foto: Usman Hadi/detikcom
Yogyakarta - Ratusan pemerintah daerah se Indonesia mengikuti Pameran Invesda Expo-13 di Jogja Expo Center (JEC) Bantul. Salah satu stand yang menarik perhatian pengunjung adalah stand Pemerintah Kabupaten Jayapura.

Pemkab Jayapura menyuguh kepada pengunjung aneka makanan khas tradisional dari Papua. Pengunjung pun bebas mencicipi selama pameran berlangsung. Mereka menonjolkan produk olahan makanan, agar makanan khas Papua semakin dikenal.

Puluhan makanan khas Jayapura dan Papua umumnya tersedia, terutama olahan sagu. Aneka makanan dari bahan sagu itu sudah dimodifikasi berbagai olahan, namun tidak meninggalkan cita rasa khas Papua.

Makanan itu di antaranya seperti sagu, keladi, sayur lilin, lolade sagu, swamining, dan olahan sagu yang diolah jadi beraneka ragam snack. Semua bahan makanan tersebut yang tumbuh di sekitar masyarakat di distrik atau kampung-kampung.

"Tidak hanya sagu, modifikasi olahan ikan juga ada, sayur-sayuran, dan sejumlah makanan khas (Jayapura) lainnya," kata Yuliana, salah satu peserta pameran dari PKK Distrik Namblong Jayapura, di gedung JEC, Kamis (18/5/2017).

Sebagai warga asli Jayapura dan aktif di bidang kuliner, Dia ingin makanan khas Jayapura bisa dikenal luas.

Ketua TP-PKK Kabupaten Jayapura, Magdalena Awoitauw, menambahkan jika Tim PKK Distrik yang diajak pameran Invesda Expo ke-13, adalah mereka yang berhasil juara lomba memasak.

"Kami di Kabupaten Jayapura setiap bulan mengadakan lomba (masak) tingkat kampung," paparnya.

Magdalena berharap, makanan olahan sagu dan makanan khas Jayapura lainnya makin dikenal masyarakat luas. "Ternyata banyak peminat yang ingin mencoba dan merasakan. Kami senang produk olahan makanan ini dikenal masyarakat," tutur Magdalena.
  • Ikut Invesda Expo, Pemkab Jayapura, Sajikan Makanan Khas Papua Gratis
    Foto: Usman Hadi/detikcom
  • Ikut Invesda Expo, Pemkab Jayapura, Sajikan Makanan Khas Papua Gratis
    Foto: Usman Hadi/detikcom

(bgs/bgs)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed