DetikNews
Selasa 16 Mei 2017, 19:39 WIB

Kali Bedog Bantul Tercemar Limbah Tebu

Usman Hadi - detikNews
Kali Bedog Bantul Tercemar Limbah Tebu Foto: Usman Hadi/detikcom
Bantul - Aliran Kali Bedog di Kabupaten Bantul tercemar buangan sisa limbah cair pabrik gula. Saat ini pabrik gula Madukismo yang berada di Padokan, Kecamatan Kasihan, Bantul mulai memasuki musim giling.

Sisa limbah cair ada yang masuk ke Kali Bedog yang terletak tidak jauh dari pabrik. Akibatnya warna air sungai berubah kehitaman, keruh dan berbau. Ikan-ikan yang ada yang mati.

Joko Zukhroni (35), warga Dusun Kentolan Kidul, Desa Guwosari, Kecamatan Pajangan mengungkapkan akibat pencemaran tersebut, Joko yang biasa menambang pasir tradisional di sungai tersebut, kulitnya mengalami gatal-gatal. Bau dari limbah tersebut cukup menyengat sehingga warga di sekitar aliran sungai ikut terganggu. "Mau gimana lagi, tiap hari mencari pasir di sungai. Meski kulit jadi gatal terkena limbah tersebut," katanya.

Sementara itu menurut Suhardi (42) pencemaran aliran Kali Bedog sudah sering terjadi dan hampir tiap tahun terjadi saat musim giling tebu. Air sungai mulai tercemar beberapa hari terakhir ini setelah musim giling dimulai. Saat ini ikan-ikan di sungai tersebut juga banyak yang ditemukan mati. "Tiap giling pasti akan seperti ini airnya keruh. Sore bening airnya, malam hingga siang sudah keruh lagi," katanya.

Menanggapi adanya keluhan pencemaran ini, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bantul, Masharun Ghazali, mengaku belum tahu adanya pencemaran Kali Bedog. Terkait ini, dia berjanji bakal mengkomunikasikan dengan pihak terkait.

"Secara berkesinambungan dan berkelanjutan, kami memantau apakah ada ekses dalam kegiatan industri. Kalau ada ekses, tentu akan kami panggil (pihak pabrik) untuk mencari solusi penyebabnya apa," pungkas dia.
  • Kali Bedog Bantul Tercemar Limbah Tebu
    Foto: Usman Hadi/detikcom
  • Kali Bedog Bantul Tercemar Limbah Tebu
    Foto: Usman Hadi/detikcom

(bgs/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed