Antisipasi Ransomware, Pemprov Jateng Instruksikan Stop Internet

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Senin, 15 Mei 2017 15:27 WIB
Ilustrasi (Foto: Vaksincom)
Semarang - Dinas Kominfo Provinsi Jawa Tengah mengeluarkan surat edaran terkait antisipasi Ransomware WannCrypt atau WannCry. Langkah update software, backup data, hingga mematikan jaringan internet juga dilakukan di lingkungan Pemprov Jawa Tengah.

Kepala Dinas Kominfo Provinsi Jateng, Dadang Somantri mengatakan informasi terkait menyebarnya virus WannCry atau WannaCry sudah diketahui sejak tanggal 12 Mei 2017 lalu. Langkah-langkah yang disarankan oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) juga langsung dilakukan.

"Kami sudah komunikasi dengan Kemenkominfo terkait pengamanan (data) institusi," kata Dadang di kantor Kantor Pemprov Jateng, Jalan Pahlawan, Semarang, Senin (15/5/2017).

Langkah-langkah yang dilakukan, lanjut Dadang, memutus jaringan, back up data, update antivirus dan OS. Untuk back up data, proses sudah rampung pukul 22.00 WIB hari Minggu (14/5) kemarin.

"Back up data sudah dilakukan kemarin. Sudah selesai jam 22.00 malam," lanjutnya.

Terkait jaringan internet yang dimatikan sementara, sudah dilakukan sejak pagi tadi dan menunggu laporan dari para Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Jika semua sudah aman, maka jaringan internet akan segera dinyalakan.

"Kalau seluruh OPD sudah lakukan backup data dan scaning virus. Akan secepatanya aktifkan kembali," jelas Dadang.

Meski jaringan internet dimatikan sementara, Dadang menjamin tidak mengganggu pelayanan publik karena sudah ada standar operasional pelayanan jika koneksi internet mati.

"Secara umum berjalan baik karena ada SOP ketika ada jaringan internet atau tidak," pungkas Dadang. (alg/mbr)