DetikNews
Senin 08 Mei 2017, 16:07 WIB

Cegah Penimbunan, Satgas Mafia Pangan Polres Pekalongan Sisir Pasar

Robby Bernardi - detikNews
Cegah Penimbunan, Satgas Mafia Pangan Polres Pekalongan Sisir Pasar Foto: Robby Bernardi/detikcom
Pekalongan - Satgas Mafia Pangan Polres Pekalongan, Jawa Tengah menyisir di pasar-pasar dan gudang-gudang penyimpanan sembako serta gas elpiji 3 Kg. Hal ini dilakukan untuk mencegah adanya penimbunan sembako menjelang bulan puasa.

"Mendekati bulan puasa, harga sembako akan meningkat. Sebagai langkah antisipasi adanya penimbunan, kita sebar anggota untuk melakukan sidak," ungkap Kapolres Pekalongan, AKBP Wawan Kurniawan saat melepas tim Satgas Mafia Pangan, Senin (8/5/2017).

Dia mengatakan Kabupaten Pekalongan selama beberapa pekan terakhir ini, mulai terjadi kelangkaan gas Melon. Selain itu, sidak tersebut juga mengantisipasi adanya makanan yang telah kadaluwarsa beredar di pasaran.

"Kami tidak segan-segan untuk menindak pelaku penimbunan baik sembako maupun elpiji," katanya.

Dalam pantauan di lapangan, petugas mendatangi sebuah gudang sembako di Desa Rowokembu, Kabupaten Pekalongan. Tim satgas memeriksa sejumlah sembako dan produk makanan kemasan yang tersimpan di pasar dan gudang.

Satgas menemukan sejumlah makanan kadaluwarsa yanjg sudah tidak layak dikonsumsi, namun masih diedarkan di pasaran. Petugas tidak langsung melakukan tindakan hukum, namun memberikan peringatan dan pembinaan secara langsung kepada mereka. Saat diberitahu petugas, para pedagang menyanggupi untuk tidak menjual lagi makanan yang kadaluwarsa dan tidak layak konsumsi tersebut.
(bgs/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed