Ratusan Buruh Cilacap Gelar Aksi Damai di Alun-alun

Arbi Anugerah - detikNews
Senin, 01 Mei 2017 16:52 WIB
Foto: Dok Humas Polres Cilacap
Cilacap - Ratusan buruh dari beberapa perusahaan di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah menggelar aksi damai memperingati Hari Buruh Internasional di Alun-alun Cilacap. Sambil membentangkan spanduk, para buruh berorasi menyampaikan sejumlah tuntutan.

Aksi tersebut diikuti oleh berbagai serikat pekerja, seperti Gabungan Serikat Pekerja Manufakur Independen Indonesia, PT Sumber Alfaria Trijaya pekerja metal, industri Waroeng Batok Cilacap, dan lain-lain.

Massa juga membawa berbagai spanduk bertuliskan 'Jangan Jual Indonesiaku', 'Pendidikan Gratis untuk Seluruh Rakyat', 'Turunkan Harga', 'Tolak Neo Liberalisme dan Neo Imperialisme', Kembali ke UUD 1945 Asli, Hapus Outsourcing, Listrik Naik Rakyat Menjerit, dan lain-lain.

"Indonesia dianugerahi kekayaan sumber daya alam yang luar biasa. Mulai dari minyak bumi, gas alam, batubara, tembaga, perak, emas, uranium, yang tidak semua negara memilikinya. Hanya saja yang perlu dicatat seluruh kekayaan membahagiakan itu ternyata semu, karena semua kekayaan itu diberikan kepada asing," teriak salah satu peserta aksi saat berorasi.

Selain melakukan aksi damai, dalam rangka memperingati hari buruh Internasional, mereka juga mengadakan kegiatan Pengobatan Gratis. Kegiatan ini diadakan di Gedung Patra Graha Pertamina Lomanis Cilacap.

Selain itu ada pula Tasyakuran di Aula Kantor Disnakerin Kabupaten Cilacap yang akan dilaksankan pada hari Selasa 2 Mei 2017.

Dalam aksi damai hari ini, Polres Cilacap menyiagakan 400 personil.

"Penempatan personil pengamanan tersebut untuk mencegah dan mengantisipasi serta mengamankan selama kegiatan May day di Cilacap agar tidak terjadi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat selama kegiatan berlangsung," kata Kasubbag Humas Polres Cilacap AKP Bintor Wasono. (sip/sip)