DetikNews
Kamis 27 April 2017, 14:43 WIB

Berkas Perkara Kasus Diksar Mapala UII Dinyatakan Lengkap

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Berkas Perkara Kasus Diksar Mapala UII Dinyatakan Lengkap Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom
Karanganyar - Berkas perkara kasus Diksar Mapala Unisi Universitas Islam Indonesia (UII) akhirnya dinyatakan lengkap (P21). Barang-barang bukti dan dua tersangka kini dilimpahkan kepada Kejaksaan Negeri (Kejari) Karanganyar, Kamis (27/4/2017).

Dua orang yang telah ditetapkan sebagai tersangka, yakni Angga Septiawan dan Wahyudi. Barang bukti yang diserahkan antara lain pakaian korban meninggal, sepatu tersangka, ranting pohon, kamera untuk dokumentasi dan CPU komputer panitia.

Sebelumnya, Kejari Karanganyar sempat berkali-kali mengembalikan berkas karena masih ada kekurangan. Polres Karanganyar membutuhkan setidaknya 77 hari untuk menyelesaikan proses penyidikan.

"Memang dalam kasus ini, penyidik harus ekstra sabar. Karena kita menghadapi tersangka yang punya jiwa korsa yang tinggi kepada teman-temannya," kata Kapolres Karanganyar, AKBP Ade Safri Simanjuntak.

Menurutnya, kedua tersangka selama ditahan di Polres Karanganyar beberapa kali tidak mengakui perbuatannya. Namun polisi telah menyiapkan empat alat bukti yang digunakan untuk menjebloskan kedua tersangka ke dalam penjara.

"Dua tersangka dijerat dengan Pasal 170 KUHP dengan ancaman hukuman 9 maksimal 12 tahun penjara, berlapis Pasal 351 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal 7 tahun penjara," ujarnya.

Angga Septiawan dan Wahyudi dianggap melakukan penganiayaan terhadap para peserta The Great Camping XXXVII Mapala UNISI UII pada Januari lalu. Tiga orang meninggal dalam diksar tersebut, yaitu Muhammad Fadhli, Syait Asyam dan Ilham Nur Padmy Listiadi.

Selanjutnya, Polres Karanganyar membidik tersangka baru dalam kasus tersebut. Saat ini pihaknya masih menunggu surat perintah penyidikan (sprindik) untuk menetapkan tersangka baru.



(bgs/bgs)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed