Long Weekend, Pantai Parangtritis Diserbu Belasan Ribu Wisatawan

Usman Hadi - detikNews
Minggu, 23 Apr 2017 15:33 WIB
Antrean kendaraan di pintu masuk TPR Induk Parangtritis sore ini. Foto: Usman Hadi
Bantul - Sejumlah objek wisata di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) di long weekend kali ini diserbu pengunjung. Pantai Parangtritis masih menjadi lokasi yang paling banyak dikunjungi wisatawan d Bantul.

Bahkan Minggu (23/4/2017) sore, antrean kendaraan di depan pintu masuk Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Induk Parangtritis masih tampak panjang. Kebanyakan yang mengantre adalah kendaraan roda empat dan bus pariwisata.

"Hari ini saja sampai jam 13.30 ada 15.300 wisatawan masuk," jelas Koordinator TPR Induk Parangtritis, Rochmad Ridwanto, Minggu (23/4/2017).

Menurut dia, jumlah pengunjung di Pantai Parangtritis tiap tahun bertembah. Cuma tahun ini banyaknya wisatawan lebih dipengaruhi adanya penambahan destinasi wisata baru di Kawasan Pantai Parangtritis, seperti Gumuk Pasir Parangkusumo dan Pantai Cemara Sewu.

"Jumlah wisatawan cenderung naik, karena adanya gumuk pasir, lalu ada juga Pantai Cemara Sewu," ungkapnya.

"Bertambahnya jumlah wisatawan juga bisa dilihat dari banyaknya kendaraan yang masuk (di TPR Parangtritis)," imbuh Rochmad.

Lanjut Rochmad, kenaikan jumlah pengunjung di Kawasan Pantai Parangtritis sudah terjadi sejak Sabtu (22/4), yakni sebanyak 11.900 pengunjung tercatat di TPR Induk Parangtritis. Sedangkan diprediksi Minggu (23/4) adalah puncak long weekend, dengan jumlah pengunjung diperkirakan lebih dari 20.000 wisatawan.

Suasana di Pantai Parangtritis, Bantul hari ini.Suasana di Pantai Parangtritis, Bantul hari ini. Foto: Usman Hadi


Sementara long weekend terakhir, Senin (24/4) jumlah wisatawan diprediksi berkurang, karena sudah mendekati hari kerja.

"Kalau di sini pas hari normal jumlah pengunjung yang masuk paling sekitar 3.000 orang," lugasnya.

Sementara Sekretaris Dinas Pariwisata (Dispar) Bantul, Jati Bayubroto menambahkan jika pihaknya tidak menarget jumlah kunjungan wisatawan pada long weekend ini. Cuma dia memprediksi sekitar 50.000 wisatawan bakal memadati objek-objek wisata di Bantul. Tidak hanya Pantai Parangtritis saja, tapi juga pantai-pantai lainnya. (sip/sip)