DetikNews
Jumat 21 Apr 2017, 17:01 WIB

Kirab Pengantin Tebu, Awali Musim Giling di PG Madukismo

Usman Hadi - detikNews
Kirab Pengantin Tebu, Awali Musim Giling di PG Madukismo Foto: Usman Hadi/detikcom
Yogyakarta - Sepasang pengantin tebu dikirab di Pabrik Gula - Pabrik Spritus Madukismo, Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Kirab sepasang pengantin tebu itu menandai pelaksanaan musim giling tebu atau Cembengan di PG-PS Madukismo pada awal Mei 2017.

Sepasang pengantin tebu yang dikawinkan itu diberi nama Kyai Sukro. Sedangkan tebu pengantin perempuan diberi nama Nyai Manis. Sepasang pengantin tebu ini diijab kabulkan di Masjid an-Nur, Desa Tirtonirmolo, Kecamatan Kasihan, Jumat (21/4/2017) sore.

Rangkaian tradisi Cembengan untuk mengawali musim giling-suling ini digelar tiap tahun di Madukismo disambut antusias masyarakat saat diarak menuju pabrik. Cembengan merupakan ritual tiap tahun untuk meminta keselamatan dan hasil gula yang baik.

Direktur PT Madu Pabrik Gula PS Maduksimo, KRT H Gondodiningrat menjelaskan jika prosesi kirab temanten tebu ini sudah jadi agenda tahunan, yang rutin dilakukan tiap tahun untuk mengawali musim giling tebu. Selain kirab, sebelum dimulai proses penggilingan tebu di pabrik juga didahului prosesi nyekar di Makam Raja-raja Imogiri, Makam Raja Kotagede, labuhan di Pantai Parangkusumo di Laut Selatan.

"Tradisi ini kami rawat karena kami ingin menjaga tradisi yang sudah ada serta doa untuk keselamatan selama musim giling tahun ini menghasilkan gula yang banyak," katanya.

Rencananya proses penggilingan tebu di Pabrik Gula Maduksimo sendiri mulai dilakukan Sabtu Legi (6/5/2017) dan diharapkan selesai akhir Oktober 2017. Diperkirakan proses penggilingan berlangsung sekitar 160 hari, dengan kapasitas giling rata-rata 3.500 ton tebu per hari.

Menurut Tebu Kyai Sukro dan Nyai Manis yang dinikahkan, bakal dijadikan sebagai tebu pertama yang digiling. Setelahnya sebanyak 550 ribu ton tebu menyusul digiling. Tebu sebanyak itu didatangkan dari 10 kabupaten di DIY dan Jawa Tengah, seperti Kabupaten Bantul, Sleman, Kulonprogo, Gunungkidul, Magelang, Temanggung, Purworejo, Kebumen, Purbalingga, dan Sragen.

"Target kami tahun ini kami bisa menghasilkan gula sebanyak 39.325 ton, selain itu kami juga akan mengolah raw sugar sebanyak 23.500 ton. Gula yang dihasilkan nanti, bakal digunakan untuk memenuhi kebutuhan gula di DIY dan Jawa Tengah," katanya.
  • Kirab Pengantin Tebu, Awali Musim Giling di PG Madukismo
    Foto: Usman Hadi/detikcom
  • Kirab Pengantin Tebu, Awali Musim Giling di PG Madukismo
    Foto: Usman Hadi/detikcom

(bgs/bgs)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed