DetikNews
Jumat 21 April 2017, 14:00 WIB

Polda DIY Usut Situs Penyebar Hoax yang Catut Nama Sultan HB X

Edzan Raharjo - detikNews
Polda DIY Usut Situs Penyebar Hoax yang Catut Nama Sultan HB X Foto: Edzan Raharjo/detikcom
Yogyakarta - Polda DIY mulai mengusut situs penyebar hoax yang mencatut nama Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X. Polda DIY telah berkoordinasi dengan Cyber Crime Mabes Polri untuk mengusut kasus tersebut.

"Masih dalam tahap penyelidikan dan penelusuran kasus ini masih perlu waktu," kata Kapolda DIY Brigjend Pol Ahmad Dofiri seusai menghadiri peringatan hari kartini di Bangsal Kepatihan, Kompleks Kantor Gubernur DIY, Jumat (21/4/2017).

Dia mengatakan setelah menerima laporan tersebut, Polda DIY telah berkoordinasi dengan Cyber Crim Mabes Polri untuk pengusutan kasus situs penyebar hoax yang mencatut nama Sultan HB X.

"Baru melangkah memeriksa beberapa saksi, dari beliau (Sultan HB X), keluarga beliau, orang-orang terdekat beliau," katanya.

Namun dalam mengusut dan menyelidiki kasus tersebut tidak bisa tidak bisa ditargetkan kapan selesainya. Tim telah bekerja dan berkoordinasi dengan Mabes Polri.

Seperti diberitakan, sebuah situs mengunggah sebuah tulisan yang seolah-olah merupakan pernyataan Sultan HB X. Dalam tulisan itu seolah-olah Sultan HB X mengingatkan kepada seluruh umat islam terutama yang ada di Jakarta tentang fakta sejarah bahwa ada etnis tertentu yang tidak pantas menjadi pemimpin di Nusantara karena selalu menjadi pengkhianat NKRI.

Ditulis juga mengapa warga etnis tersebut tidak bisa memiliki hak kepemilikan taah di Yogyakarta, namun hanya bisa memiliki bangunan saja. Hal tersebut merupakan keputusan mendiang Sultan HB IX, ayahanda Sultan HB X, karena warga etnis tersebut lebih mendukung Belanda dibanding para pejuang RI saat agresi militer Belanda ke Yogyakarta pada tahun 1948.











(bgs/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed