DetikNews
Jumat 21 April 2017, 09:50 WIB

Hari ini, Presiden Resmikan Pasar Klewer Solo

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Hari ini, Presiden Resmikan Pasar Klewer Solo Foto: bayu ardi isnanto/detikcom
Solo - Pedagang Pasar Klewer melakukan tradisi kirab boyongan atau pindahan sebelum acara peresmian yang akan dilakukan oleh Presiden Joko Widodo, siang nanti. Kirab boyongan dilakukan sebagai penanda pedagang berpindah dari pasar darurat Alun-alun Utara menuju Pasar Klewer baru yang sudah selesai pembangunannya.

Kirab dilakukan Jumat (21/4/2017) sejak pukul 08.30 WIB. Sekitar 500 pedagang mengikuti kirab tersebut. Di barisan depan, tampak pedagang membawa tumpeng nasi kuning. Ada pula pedagang yang membawa gunungan dari makanan dan pakaian dalam.

Sebanyak 70 pedagang lalu bersiap mengikuti prosesi peresmian oleh Presiden Joko Widodo di depan Pasar Klewer. Beberapa pedagang lainnya bersiap di kiosnya masing-masing untuk menerima kunjungan presiden.

Pejabat humas Himpunan Pedagang Pasar Klewer (HPPK), Kusbani, mengatakan sebenarnya pedagang belum siap betul untuk berjualan pada hari ini. Pasalnya kios mereka masih butuh penataan

"Persiapan kita hanya satu minggu, sedangkan untuk menata kios harusnya butuh satu bulan. Inipun banyak yang kesulitan mencari tukang. Jadi masih banyak pedagang yang belum berani jualan hari ini," katanya.

Foto: bayu ardi isnanto/detikcom


Sementara itu, Wali Kota Surakarta, FX Hadi Rudyatmo menyebut bangunan Pasar Klewer sudah 100 persen rampung. Peresmian dipilih tepat pada Hari Kartini dengan maksud tertentu.

"Pedagang ini banyak yang wanita, simbol dari perjuangan Kartini. Harapannya semoga mereka bisa berjuang di pasar yang baru. Dibangunnya Pasar Klewer ini ibaratnya habis gelap terbitlah terang," ungkapnya.

Pasar Klewer Solo terbakar habis pada 27 Desember 2014 lalu. Pasar kain terbesar di Jawa Tengah tersebut selanjutnya dibangun kembali dengan dana APBN. Lebih dari dua tahun ratusan pedagangnya menempati kios-kios pasar darurat yang disediakan Pemkot Surakarta di Alun-alun Utara Keraton Surakarta.
(mbr/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed