DetikNews
Jumat 22 Agustus 2008, 13:05 WIB

Inilah 5 Kota Sister City Kota Bandung

- detikNews
Inilah 5 Kota Sister City Kota Bandung
Bandung - Kota Bandung telah menjadi kemitraan dengan 5 kota di dunia. Dua diantaranya dijalin oleh Dada Rosada saat Bandung menjadi tuan rumah penyelenggaraan peringatan 50 tahun Konferensi Asia-Afrika tahun 2006, Jumat (22\/8\/2008).

Kota Braunschweig, Jerman menjadi sister city terlama Kota Bandung. Pada tanggal 24 Mei 1960 telah ditandatangani Piagam Ikatan Persahabatan Bandung-Braunschweig oleh Duta Besar RI Dr Zairin Zain dan Hans Gunther Weber (Direktur Kota) dan Oberburgermeister (Wali Kota Braunschweig) Martha Fuchs.

Piagam tersebut disempurnakan setelah ditandatangani oleh walikota Bandung R Priatnakusumah serta utusan Braunschweig Prof Dr George Eckert pada tanggal 2 Juni 1960 di Bandung.

Kerjasama Braunschwieg ini, merupakan kerjasama yang paling lama di Indonesia. Bidang kerjasama meliputi ekonomi, sosial budaya, pendidikan, pertukaran pemuda, pelatihan, kesenian dan olahraga. Titik berat pada bidang sosial budaya, pelatihan dan pertukaran pemuda.

Berikutnya adalah Kota Fort Worth di Texas, Amerika Serikat. Latar belakang kerjasama dengan Fort Worth terjadi karena perjanjian kerjasama IPTN dengan pabrik helicopter BELL. Pada masa BJ Habibie menjabat sebagai dirut IPTN.

Pada tanggal 2 April 1990 Wali Kota Bandung Ateng Wahyudi dan Wali Kota Fort Worth Bob Bolen menandatangani kerjasama.

Bidang kerjasama, meliputi ekonomi, pendidikan, pelatihan, kesenian, pertukaran pemuda dan sosial budaya. Dalam rangka mendongkrak prestasi persepakbolaan di Bandung.

Sementara kerjasama sister city Kota Bandung dengan Kota Suwon, Korea Selatan ditandatangani tanggal 27 Agustus 1997. Kerjasama tersebut meliputi bidang ekonomi, sosial budaya, pendidikan, kesenian dan olahraga.

Dua kota sister city lainnya dijalin pada masa pemerintahan Dada Rosada yang pertama. Penandatangan kerjasama tersebut bertepatan dengan peringatan 50 tahun Konferensi Asia Afrika di Bandung.

Dua kota tersebut dari Beijing, China tersebut adalah Liuzhou dan Yingkou. Penandatanganan MoU dilakukan oleh Wali Kota Bandung Dada Rosada dan Wakil Wali Kota Liuzhou Wen Hequn serta Wakil Wali Kota Yingkou Hao Qinghui pada tanggal 21 September 2007 di Plaza Monumen Bandung Lautan Api, Tegallega.

Sudahkah anda merasakan manfaat kerjasama sister city ini? Silahkan anda diskusi di forum Bandung<\/a>.


(afz/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed