Debat Pilgub Dinilai Hanya Basa-Basi Politik

Pilkada Jabar

Debat Pilgub Dinilai Hanya Basa-Basi Politik

- detikNews
Rabu, 09 Apr 2008 22:24 WIB
Bandung - Debat Pemilihan Gubernur Jabar baru kali pertama diadakan. Selama kurang lebih satu setengah jam acara debat pilgub mempertemukan ketiga pasangan calon. Namun, pakar hukum Universitas Parahyangan, Asep Warlan menilai acara debat tersebut hanya bentuk basa-basi politik.

Asep Warlan yang merupakan panelis dalam debat, mengemukakan bahwa acara debat tersebut kurang maksimal. Menurutnya, acara tersebut hanya menjadi ajang perkenalan masing-masing calon. Tidak ada pemaparan visi misi yang jelas sebagai indikasi kualitas masing-masing calon.

"Jawaban masing-masing cenderung normatif dan tidak straight to the point. Padahal seharusnya dari acara seperti ini masyarakat bisa mengukur kualitas calon," tuturnya ketika ditemui seusai acara Debat Pilgub Jabar 2008 .

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Asep sendiri mengajukan pertanyaan kepada masing-masing calon tentang program aplikatif setahun terkait masalah hukum. Namun, dirinya mengaku kecewa dengan jawaban yang dilontarkan.

"Meskipun waktu yang diberikan hanya dua menit, seharusnya calon sudah punya program yang jelas. Misalnya dengan menargetkan perbaikan pegawai atau anggaran," jelasnya.

Bahkan, lanjut Asep, jawaban calon juga ada beberapa yang menyimpang dari pertanyaan yang diajukan. Namun, menurut Asep sebelum acara debat dimulai memang sudah ada briefing yang menyatakan agar panelis tidak berharap banyak pada jawaban para calon.

"Yah, setidaknya masyarakat yang menonton sudah mengenal wajah para calon," ungkap Asep.

(twi/twi)


Anda menyukai artikel ini

Artikel disimpan

Berita Terkait

 

 

 

 

 

 

 

 

Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama berkomentar di sini