Survei SMRC: Selain RK, Warga Jabar Jagokan Dedi Mulyadi jadi Gubernur

Rifat Alhamidi - detikNews
Selasa, 15 Feb 2022 19:07 WIB
Dedi Mulyadi perbaiki atap rumah warga yang rusak
Dedi Mulyadi perbaiki atap rumah warga yang rusak (Foto: Istimewa)
Bandung -

Warga Jawa Barat menjagokan Dedi Mulyadi menjadi Calon Gubernur Jabar setelah nama Ridwan Kamil. Hal itu diungkap lembaga survei Saiful Mujani Research And Consulting (SMRC) dalam survei terbarunya bertajuk Partai, Gubernur, dan Presiden: Pandangan Publik Jawa Barat.

Manajer Program SMRC Saidiman Ahmad mengatakan, jika Pilgub Jabar digelar hari ini, nama Ridwan Kamil masih menempati urutan pertama sosok yang dipilih publik Jabar 29,2 persen. Kemudian disusul politisi Golkar Dedi Mulyadi dengan 10,7 persen, politisi Demokrat Dede Yusuf 2 persen dan Dedi Mizwar 1,4 persen.

"Dalam top of mind atau jawaban spontan, dukungan pada Ridwan Kamil mencapai 29,2 persen. Angka ini jauh di atas tokoh-tokoh lain," kata Saidiman, Selasa (15/2/2022).

"Suara terbanyak kedua diperoleh Dedi Mulyadi dengan 10,7 persen. Nama-nama lain mendapatkan dukungan di bawah 3 persen, namun masih ada 52,2 persen yang belum menyatakan pilihan," tambahnya.

Persaingan RK dan Dedi juga terlihat saat SMRC melakukan metode pertanyaan semi terbuka dengan daftar 19 nama kandidat. Keduanya unggul menjauhi beberapa nama lain berdasarkan hasil survei tersebut.

"Dukungan yang tinggi pada Ridwan Kamil konsisten dalam beberapa simulasi. Dalam pertanyaan semi terbuka dengan daftar 19 nama, Ridwan Kamil mendapatkan dukungan 39,2 persen, Dedi Mulyadi 19,6 persen, Dedi Mizwar 4,5 persen, Dede Yusuf 4,2 persen dan Ahmad Syaikhu 2 persen. Nama-nama lain mendapatkan dukungan di bawah 2 persen suara dan masih ada 21,9 persen yang belum memberi jawaban," tuturnya.

Sementara dalam simulasi 5 nama, dukungan pada Ridwan Kamil semakin menguat menjadi 47,8 persen, disusul Dedi Mulyadi 23,1 persen, Dede Yusuf 8 persen, Uu Ruzhanul Ulum 2,9 persen, dan Ono Surono 1,6 persen. Kemudian yang belum tahu atau yang belum menentukan pilihan sekitar 16,6 persen.

"Survei ini menemukan bahwa dukungan pada Ridwan Kamil ditopang oleh popularitas dan kedisukaan yang relatif tinggi. Ridwan Kamil adalah tokoh yang paling dikenal oleh warga Jawa Barat dengan 96 persen. Persentasenya jauh di atas kedikenalan tokoh lain seperti Dedi Mulyadi 76 persen, Dede Yusuf 73 persen, Uu Ruzhanul Ulum 48 persen, dan Ono Surono 19 persen," ucapnya.

Di samping lebih dikenal, Ridwan Kamil juga lebih disukai dengan 86 persen dibanding tokoh-tokoh lainnya. Kemudian Dedi Mulyadi 82 persen, Dede Yusuf 75 persen, Uu Ruzhanul Ulum 75 persen dan Ono Surono 72 persen.

Survei SMRC dilakukan melalui telepon dengan total sampel 801 responden. Sampel dipilih secara acak dari populasi warga Jawa Barat yang berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah dari tanggal 5-8 Februari 2022 dengan margin of error +/- 3,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Simak juga 'RK Ngaku Lebih Realistis Jadi Gubernur 2 Periode Ketimbang Nyapres':

[Gambas:Video 20detik]



(ral/yum)