Catat! Syarat Pendaftaran SMUP Pascasarjana Unpad

Bima Bagaskara - detikNews
Selasa, 15 Feb 2022 18:09 WIB
Gedung Rektorat Unpad (dok. Unpad)
Foto: Gedung Rektorat Unpad (dok. Unpad)
Bandung -

Pendaftaran Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran (SMUP) Pascasarjana Gelombang I Sesi I Tahun Akademik 2022/2023 telah dibuka mulai Senin (14/2).

Ketua panitia SMUP Anas mengatakan pendaftaran SMUP Pascasarjana dibuka untuk program Magister, Profesi, Spesialis, Subspesialis dan Doktor. Anas menjelaskan pendaftaran SMUP Pascasarjana tahun 2022 ini dibuka sepanjang tahun. Masa pendaftaran juga dibagi menjadi dua gelombang yang tiap gelombangnya terbagi dalam tiga sesi.

"Meskipun pendaftaran dibuka tiga sesi, registrasi (administratif) tetap dilakukan sesuai masa registrasi mahasiswa baru, yaitu di Semester Ganjil 2022/2023," kata Anas sebagaimana dilansir laman unpad.ac.id, Selasa (15/2/2022).

Secara umum, untuk mendaftar SMUP Pascasarjana peserta wajib menyertakan beberapa persyaratan seperti dokumen berupa ijazah, transkrip, hingga nilai Tes Kemampuan Akademik (TKA) dan Tes Kemampuan Bahasa Inggris (TKBI).

Nantinya peserta akan dianggap layak (eligible) jika dokumen persyaratan yang diajukan dinyatakan lengkap dan valid.

"Peserta yang eligible kemudian mengikuti tahap wawancara di tingkat fakultas. Hasil dari wawancara tersebut, peserta akan mendapatkan Letter of Acceptance (LoA). Dokumen LoA ini dapat digunakan peserta untuk melamar beasiswa," katanya.

Namun, kata Anas, bagi pendaftar yang belum dianggap eligible di sesi pertama, pihak Unpad akan mengikutsertakan yang bersangkutan untuk mendaftar di sesi kedua di gelombang yang sama tanpa dipungut biaya.

Bagi pendaftar yang belum eligible di sesi pertama, Unpad akan mengikutsertakan untuk mendaftar kembali di sesi kedua di gelombang yang sama tanpa dipungut biaya. "Jika di sesi 2 belum eligible, kita ikutkan lagi di sesi 3 tanpa harus membayar. Tetapi setelah ganti gelombang, peserta harus membayar kembali," ujarnya.

Adapun informasi lebih lanjut mengenai pendaftaran SMUP Pascasarjana dapat dilihat di laman resmi SMUP. "Kita buka SMUP Pascasarjana untuk semua lulusan, dari ilmu sosial hingga eksakta," kata Anas.

(bba/bbn)