Survei SMRC: Ridwan Kamil-Anies Baswedan Bersaing di Jabar Jelang Pilpres

Rifat Alhamidi - detikNews
Selasa, 15 Feb 2022 16:44 WIB
Anies Baswedan Ridwan Kamil
Ridwan Kamil dan Anies Baswedan (Foto: 20detik)
Bandung -

Saiful Mujani Research and Colsulting (SMRC) merilis survei mengenai pilihan warga Jawa Barat di Pilpres 2024 mendatang. Hasilnya, suara Ridwan Kamil (RK) dan Anies Baswedan saling bersaing untuk memperebutkan suara publik Jawa Barat.

Survei itu dirilis dalam diskusi bertajuk Partai, Gubernur, dan Presiden: Pandangan Publik Jawa Barat yang digelar secara daring di Jakarta. Awalnya, Manajer SMRC Saidiman Ahmad memaparkan jika Pilres dilakukan pada hari ini, SMCR mengungkap ada 18 kandidat yang dipilih secara spontan oleh publik Jawa Barat.

"Hasil survei menunjukkan bahwa dalam pertanyaan top of mind atau jawaban spontan, Ridwan Kamil mendapatkan dukungan 13 persen , Anies Baswedan 12,2 persen, Prabowo Subianto 12 persen, dan Ganjar Pranowo 10,7 persen. Sementara nama-nama lain di bawah 3 persen dengan 43,2 persen warga Jawa Barat yang belum menentukan pilihan," kata Saidiman, Selasa (15/2/2022).

Saidiman mengungkap, dalam survei itu, persaingan empat nama kandidat selalu konsisten dalam simulasi SMRC. Bahkan saat SMRC melalakukan metode pertanyaan semi terbuka dengan daftar 29 nama, suara RK dan Anies masih dalam daftar tertinggi suara publik Jawa Barat.

"Dalam pertanyaan semi terbuka dengan daftar 29 nama, Anies Baswedan mendapatkan dukungan 17 persen, Prabowo Subianto 16,8 persen, Ridwan Kamil 16,5 persen, dan Ganjar Pranowo 14,9 persen. Nama-nama lain mendapatkan dukungan di bawah 4 persen suara dan masih ada 23,1 persen yang belum memberi jawaban," tuturnya.

Suara RK-Anies kembali bersaing saat SMRC melakukan metode pertanyaan tertutup dengan daftar 10 nama kandidat. Publik Jabar bahkan lebih memilih nama Gubernur DKI Jakarta itu dengan persentase 18,4 persen dibanding RK dengan persentase 17,8 persen.

"Saat metode survei dilakukan dengan pertanyaan tertutup, dari 10 nama, Anies Baswedan mendapatkan dukungan tertinggi dengan 18,4 persen, kemudian Prabowo Subianto 18,3 persen, Ridwal Kamil 17,8 persen dan Ganjar Pranowo 15,8 persen. Nama-nama lain mendapat dukungan di bawa 6 persen dengan 19 persen warga yang belum memberikan jawaban," ungkapnya.