Perayaan Hari Jadi Garut Ditunda Imbas Melonjaknya Kasus COVID-19

Hakim Ghani - detikNews
Selasa, 15 Feb 2022 11:25 WIB
Poster
Ilustrasi Corona (Foto: Edi Wahyono/detikcom).
Garut -

Perayaan Hari Jadi Garut (HJG) yang ke-209 tahun ini ditunda. Hal tersebut dilakukan Pemkab usai kasus COVID-19 baru yang ditemukan saat ini kembali meroket.

"Mohon maaf, untuk sementara ditunda dulu," kata Bupati Rudy Gunawan kepada wartawan, Selasa (15/2/2022).

Ditundanya perayaan HJG gegara merebaknya kasus COVID-19 di Garut akhir-akhir ini. Hari Jadi Garut sendiri diperingati tanggal 16 Februari setiap tahunnya. Informasinya, perayaan HJG sedianya akan dilaksanakan pada Minggu (20/2) mendatang.

Rudy mengatakan HJG akan diperingati dengan upacara dan rapat paripurna di DPRD Garut. Sedangkan acara gebyar ditunda hingga waktu yang tidak ditentukan.

"Peringatannya hanya upacara terbatas di Alun-alun, kemudian rapat paripurna," katanya.

Kasus COVID-19 di Garut sendiri tengah naik-naiknya di Garut akhir-akhir ini. Data yang dihimpun, hingga Selasa siang ini, diketahui ada 588 kasus aktif di Garut. Terdiri dari 121 kasus menjalani isolasi di fasilitas kesehatan dan 467 kasus aktif yang menjalani isolasi mandiri.

Penemuan kasus COVID-19 baru saat ini hampir merata di seluruh wilayah Garut. Bahkan, COVID-19 kini sudah masuk ke Pendopo yang jadi markas Bupati Rudy. Dilaporkan, 13 orang pegawai pendopo dan staf bupati terjangkit virus Corona.

"2 ajudan, 2 sopir dinas, beberapa orang staf Pendopo dan pengawal pribadi," kata Rudy.

Akibat merebaknya kasus COVID-19, Pemkab Garut sendiri diketahui melancarkan sejumlah kebijakan. Di antaranya, pada Senin (14/2) kemarin, Pemda menghentikan sementara pembelajaran tatap muka (PTM) di seluruh sekolah di bawah naungan Dinas Pendidikan dan Kemenag Garut.

Selain itu, Pemda juga diketahui menutup sementara fasilitas umum seperti Alun-alun Garut yang baru beberapa waktu lalu diresmikan usai direnovasi. Sejumlah sarana olahraga (SOR), seperti SOR Ciateul dan SOR Merdeka Kerkhoff juga dibatasi penggunaannya.

(mso/mso)