Kabupaten Sukabumi

Perahu Terbalik Dihantam Ombak, 1 Nelayan Palabuhanratu Hilang

Syahdan Alamsyah - detikNews
Selasa, 15 Feb 2022 09:48 WIB
Perairan Sukabumi
Perairan Sukabumi (Foto: Istimewa).
Sukabumi -

Kapal Motor (KM) Rancunit terbalik usai dihantam ombak pesisir Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Senin (14/2) sekitar pukul 20.00 WIB. 1 orang nelayan dikabarkan hilang.

Informasi diperoleh detikcom, peristiwa itu terjadi saat KM Rancunit hendak masuk ke kawasan Dermaga Pelabuhan Perikanan Nusantara Palabuhanratu (PPNP). Namun karena cuaca buruk, KM Rancunit malah masuk ke area Dermaga Karang Sari.

Saat itu, ombak setinggi dua meter datang dan langsung menghantam perahu hingga terbalik. Satu orang nelayan berhasil selamat, sementara seorang nelayan lagi hilang. Upaya pencarian dilakukan Tim SAR gabungan, Selasa (15/2/2022) pagi.

"Hari ini kita akan upayakan secara maksimal untuk mencari korban dengan melakukan penyisiran baik melalui jalur laut maupun darat dengan menyisir di sepanjang garis pantai," kata Hendra Sudirman, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta selaku SAR Mission Coordinator (SMC) dalam Operasi SAR kepada wartawan.

Sementara itu, Koordinator Pos SAR Sukabumi Suryo Adianto mengatakan KM Rancunit dinahkodai oleh Mamat (62). Saat kejadian ia tengah bersama rekannya bernama Herdiansyah Pramana (55). Keduanya usai menempuh perjalanan dari Dermaga Ujung Genteng menuju Dermaga 1 Palabuhan Ratu.

"Malam tadi cuaca buruk sehingga kapal yang ditumpanginya masuk ke Dermaga Pantai Karang Sari. Korban Herdiansyah berhasil menyelamatkan diri dan langsung dibawa menuju Puskesmas oleh warga setempat. Sementara Mamat masih dalam pencarian," kata Suryo.

Upaya pencarian korban, dikatakan Suryo akan dibagi menjadi 2 Search and Rescue Unit (SRU) dimana SRU pertama akan melakukan pencarian dengan penyisiran menggunakan perahu karet dengan luas area pencarian hingga 2 Nautica Mile di sekitar lokasi kejadian.

"SRU kedua akan melakukan pencarian dengan penyisiran di sepanjang bibir pantai hingga radius 6 KM. Pencarian melibatkan puluhan personil SAR gabungan yang terdiri dari Pos SAR Sukabumi, PolAir Polres Sukabumi, MRI ACT Kab.Sukabumi Raya, Pramuka Peduli Kab.Sukabumi, CBP, SSV, HNSI Sukabumi, dan Masyarakat," pungkas Suryo.

(sya/mso)