Kabupaten Bandung Barat

PPKM Level 3, Volume Kendaraan di Kawasan Wisata Lembang Turun 50%

Whisnu Pradana - detikNews
Minggu, 13 Feb 2022 12:07 WIB
Arus lalu lintas di kawasan wisata Lembang.
Foto: Arus lalu lintas di kawasan wisata Lembang (Whisnu Pradana/detikcom).
Bandung Barat -

Arus lalu lintas di kawasan wisata Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) pada libur akhir pekan kali ini cenderung lebih sepi ketimbang pada libur akhir pekan sebelumnya.

Berdasarkan pantauan detikcom pada Minggu (13/2/2022), tak nampak kepadatan antrean kendaraan wisatawan di ruas Jalan Raya Lembang dari arah Bandung menuju Lembang maupun sebaliknya maupun di pintu masuk objek wisata.

KBO Satlantas Polres Cimahi Iptu Erin Herinduansyah mengatakan pada libur akhir pekan kali ini terjadi penurunan kunjungan wisatawan ke kawasan wisata Lembang di tengah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3.

"Untuk kondisi lalu lintas hari ini kendaraan yang mengarah ke wisata Lembang menurun sampai 50 persennya dibanding pekan sebelumnya," ujar Erin kepada detikcom di Lembang.

Menurut Erin salah satu faktor yang menyebabkan menurunnya kunjungan wisatawan ke Lembang yakni pelaksanaan penyekatan kendaraan di sejumlah daerah terutama di Kota Bandung.

"Di Bandung tepatnya Tol Pasteur dan 5 titik penyekatan lainnya itu sangat berpengaruh membuat kunjungan menurun. Kalau untuk Polres Cimahi kita fokus di kawasan wisata Lembang saja," tutur Erin.

Kendati demikian pihaknya tetap menerapkan rekayasa arus lalu lintas dengan cara bertindak (CB) ganjil genap. Ganjil genap tersebut diterapkan di Simpang Beatrix sejak Sabtu (12/2/2022) pagi.

"Kita melaksanakan ganjil genap lagi di libur akhir pekan ini. Hari ini jadi kendaraan yang berpelat nomor ganjil saja yang boleh lewat ke kawasan wisata lembang. Sementara yang genap akan diputarbalikkan," ucap Erin.

(mso/mso)