Ganjil Genap Bandung, Ratusan Mobil Diputar Balik di GT Pasteur-Kopo

ADVERTISEMENT

Kota Bandung

Ganjil Genap Bandung, Ratusan Mobil Diputar Balik di GT Pasteur-Kopo

Bima Bagaskara - detikNews
Sabtu, 12 Feb 2022 14:30 WIB
Ganjil Genap di Gerbang Tol Pasteur
Ganjil genap di GT Pasteur Bandung. (Foto: Dony Indra Ramadhan/detikcom)
Bandung -

Skema ganjil genap mulai diterapkan di lima titik Gerbang Tol (GT) area Kota Bandung, Jawa Barat. Penerapan ganjil genap ini diberlakukan oleh Pemkot Bandung bersama Polrestabes Bandung hingga Minggu (13/2/2022).

Pantauan detikcom di GT Pasteur Sabtu (12/2/2022), petugas gabungan mulai menerapkan skema ganjil genap sejak pukul 06.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB untuk shift satu. Kanit 1 Lantas Polsek Sukajadi Bandung Ipda Ajad Zatnika mengatakan sejak pagi tadi hingga siang ini sebanyak 208 mobil yang diputar balik petugas di GT Pasteur.

"Pukul 6-9 pagi, kendaraan masuk Bandung 2.426, yang keluar 2.848. Untuk yang diperiksa ada 306, sedangkan yang diputar balik ada 123. Kemudian pukul 9-12, kendaraan masuk 3.452, keluar 4.483. Diperiksa 225 dan yang diputar balik 85," kata Ajad.

Menurutnya, mayoritas kendaraan yang diputar balik ialah kendaraan dengan pelat nomor luar Bandung. Namun petugas di lapangan memberikan pengecualian untuk beberapa kendaraan.

"Kendaraan boleh masuk, pelat luar kota tapi punya KTP Bandung, masyarakat yang berobat di Kota Bandung, pegawai yang punya surat tugas dan tentunya pelat nomor genap, sesuai dengan tanggal sekarang," ujar Ajad.

Selain di GT Pasteur, skema ganjil genap juga diberlakukan di GT Kopo. Sejak Sabtu pagi, 96 mobil bernomor ganjil diputar balik oleh petugas di GT Kopo. Namun, ada juga kendaraan bernomor ganjil yang boleh masuk ke Kota Bandung.

"Kendaraan genap yang diperbolehkan masuk 172, kendaraan ganjil yang diputar balik 96, kendaraan ganjil yang dikecualikan 90, kendaraan ganjil yang diperiksa 186. Total kendaraan yang diperiksa 358," ujar Kabid PDKT Dishub Kota Bandung Asep Kuswara dalam keterangannya.

Ganjil genap masih akan diberlakukan pada shift dua terhitung mulai pukul 14.00 WIB hingga 20.00 WIB. Selain GT Pasteur dan Kopo, skema ini juga berlaku di GT Pasirkoja, GT Moch Toha dan GT Buahbatu.

Simak Video 'Ganjil-Genap Berlaku di Kabupaten Bandung, Sejumlah Kendaraan Diputar Balik':

[Gambas:Video 20detik]



(bba/bbn)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT