Tangerang Raya Level 3, Gubernur Banten Minta Bandara Soetta Diperketat

ADVERTISEMENT

Tangerang Raya Level 3, Gubernur Banten Minta Bandara Soetta Diperketat

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Senin, 07 Feb 2022 15:37 WIB
Poster
Ilustrasi virus Corona varian Omicron (Ilustrator: Edi Wahyono/detikcom)
Serang -

Wilayah Tangerang Raya saat ini menjadi PPKM Level 3 karena jumlah kasus COVID-19 yang terus meningkat. Gubernur Banten Wahidin Halim meminta pemerintah pusat melakukan pengetatan khususnya bagi warga yang datang melalui di Bandara Soekarno Hatta (Soetta).

"Memang saya minta agar Bandara Soekarno-Hatta lebih diperketat testing, screening dan karantinanya," kata Wahidin kepada wartawan usai rapat virtual dengan Presiden Joko Widodo di Serang, Senin (7/2/2022).

Tangerang Raya adalah tiga daerah aglomerasi yang berbatasan dengan DKI Jakarta. Secara teknis, pemerintah pusat lebih mudah untuk menerapkan kebijakan PPKM Level 3 di daerah itu karena terdiri dari 2 kabupaten dan satu kota.

Dengan penerapan PPKM Level 3, ia berharap wali kota dan bupati di Tangerang Raya segera menerapkan kebijakan pembatasan. Mereka diharapkan segera membuat aturan agar tidak terjadi penyebaran virus yang lebih parah.

Khusus di Tangerang Selatan, menurut Wahidin, Omicron yang sampai ke daerah itu rata-rata adalah warga yang pulang dari luar negeri. Dari situ, virus kemudian menyebar hingga ke daerah lain.

"Ini perlu regulasi penanganan khusus mereka yang pulang dari sana, dulu kan sudah 7 hari karantina, terus jadi 5 hari dan balik lagi," ujarnya.

Makanya, kata dia, pengetatan warga yang dari luar negeri khususnya melalui Soetta terus dilakukan. Hal tersebut termasuk salah satu cara agar virus tidak semakin merebak.

"Dengan alasan apapun mereka tidak gampang lolos, dan seleksi yang ketat betul mereka pulang ke Banten," ucap Wahidin.

(bri/bbn)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT