Gelar Konser Musik, Kafe di Bogor Didenda Rp 5 Juta

M Sholihin - detikNews
Sabtu, 05 Feb 2022 18:51 WIB
A large payment in Indonesian cash
Foto: Getty Images/iStockphoto/CraigRJD
Bogor -

Sebuah kafe di Jalan Pandu Raya Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor didenda Rp 5 juta karena menggelar konser musik. Pengelola kafe dinilai telah melanggar aturan Prokes dan Perwali Kota Bogor tentang penanganan COVID-19.

Sanksi diberikan setelah Tim Penegak Hukum Terpadu (Gakkumdu) Satgas COVID-19 Kota Bogor mendatangi langsung lokasi pada Jumat (4/2/2022) malam.

Kasatpol PP Kota Bogor Agustiansyach mengatakan, operasi tersebut dilakukan setelah pihaknya mendapat aduan masyarakat yang menyebut ada kafe yang tengah menggelar konser musik.

"Ya awalnya ada laporan ke kita, kemudian kita tindaklanjuti. Benar saja, ketika kita datang di sana ada kegiatan konser musik, terjadi kerumunan. (Lokasi) kafe halaman belakang," kata Agustiansyach Sabtu (5/2/2022).

Agustiansyach menyebut, pengelola kafe dianggap telah melanggar aturan prokes dan Perwali Kota Bogor tentang penanganan COVID-19. Petugas kemudian memberi saksi terhadap pengelola kafe dengan denda Rp 5 juta.

"Kenapa kita sanksi, karena menggelar konser musik, menimbulkan kerumunan, itu kan tidak diperbolehkan. Sanksinya Rp 5 juta ya," kata Agustiansyach.

Agustiansyach menyesalkan apa yang dilakukan pengelola kafe. Karena bukannya bersimpati karena angka COVID-19 di Kota Bogor sedang melonjak, justru malah menggelar konser musik yang menimbulkan kerumunan.

Sekedar diketahui, saat ini Kota Bogor tengah mengalami lonjakan kasus positif COVID-19. Sebanyak 336 orang diyatakan terpapar COVID-19 dalam sehari pada Jum'at (4/2/2022). Angka ini bahkan menjadi kasus harian tertinggi selama 2022.

Kasus COVID-19 di Kota Bogor sempat melandai hingga akhir tahun 2021 dan awal Januari 2022. Namun, kasus harian yang semula hanya pada angka di bawah 5 kasus, melonjak hingga puluhan kasus sejak 26 Januari lalu. Dalam sepekan, kasus positif aktif yang semula hanya di bawah 10, kini melonjak di angka lebih dari 1.000 kasus.

Saat ini, total kasus positif COVID-19 di Kota Bogor mencapai 38.974 kasus. Dengan rincian, 37.303 orang dinyatakan sembuh, 530 orang meninggal dunia dan 1.141 orang masih berstatus positif aktif atau masih dalam perawatan dan pemantauan tim medis.

(ern/ern)