Kota Bandung

Badai COVID-19 Terpa Persib, Ridwan Kamil Ingatkan Soal Prokes!

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Kamis, 03 Feb 2022 19:51 WIB
Pesepak bola Persib Bandung Mohammed Rashid (kiri bawah) berselebrasi bersama rekannya, Beckham Putra (atas) dan David Da Silva setelah berhasil membobol gawang Borneo FC dalam pertandingan sepak bola Liga 1 di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar Bali, Selasa (18/1/2022). Persib berhasil memenangkan pertandingan dengan skor 1-0. ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana/hp.
Foto: ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana
Bandung -

Belasan pemain Persib Bandung terpapar COVID-19 hingga tak bisa bertanding di laga lanjutan Liga 1. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil turut mengingatkan agar atlet sekalipun untuk memperketat protokol kesehatan (prokes).

"Pelajaran untuk kita semua, prokes itu sangat penting. Tidak saja saat pertandingan, tapi di luar pertandingan. Aktivitas pemain dan ofisial setelah bertanding adalah tanggung jawab tim," ujar gubernur yang akrab disapa Kang Emil dalam keterangannya, Kamis (3/2/2022).

Kang Emil juga prihatin atas kondisi yang menimpa 'Maung Bandung'. Apalagi akibat belasan punggawa Persib positif COVID-19, laga Persib vs PSM Makassar pun ditunda.

"Pasti mengecewakan semua orang. Karena satu-satunya olahraga yang menyatukan kita adalah sepak bola, dan khususnya Persib kebanggaan Bobotoh se-alam dunia ini sangat dinanti-nanti," katanya.

"Saya mendoakan semoga semua pemain dan ofisial yang positif COVID-19 cepat sembuh dan virus tidak menyebar lebih luas lagi di tim Persib," tutur Emil menambahkan.

Seperti diketahui, Persib Bandung cuma punya 13 pemain untuk main melawan PSM Makassar. Akibatnya laga pekan ke-22 BRI Liga 1 pun diputuskan ditunda atau batal terlaksana.

Laga ini seharusnya digelar di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Rabu (2/2/2022), pukul 18.15 WIB. Tetapi berdasarkan hasil tes PCR pada H-1, didapati banyak pemain Persib yang terpapar COVID-19.

Karena kondisi ini, Persib pun melaporkan ke PT Liga Indonesia Baru (LIB) dan meminta dilakukan emergency meeting. PT Liga Indonesia Baru meresponsnya dengan menggelar tes PCR pada, Rabu (2/2), pagi.

"Hari ini ada 4 pertandingan, berdasarkan evaluasi, ofisial PCR ada 1 laga yang harus ditunda. Yaitu PSM melawan Persib itu harus kami tunda karena baru saja emergency meeting antara PT LIB dan 4 klub yang akan bertanding yakni PSM, Persib, Persebaya, PSIS," kata Direktur Operasional PT LIB Sudjarno saat memberikan keterangan virtual.

(yum/bbn)