ADVERTISEMENT

Kabupaten Bandung Barat

Cerita Hengky Hidupkan Lagi Barongsai yang 'Tertidur' Dua Tahun

Whisnu Pradana - detikNews
Selasa, 01 Feb 2022 17:43 WIB
Aksi barongsai dari komunitas Tienlung
Aksi barongsai dari komunitas Tienlung (Foto: Whisnu Pradana/detikcom)
Bandung -

Tiga barongsai berwarna merah, kuning, dan biru melenggak-lenggok hingga melompat kesana-kemari demi menghibur wisatawan yang sedang menghabiskan waktu liburan di kawasan wisata Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Atraksi barongsai yang muncul bertepatan dengan momen perayaan Imlek tahun 2022 ini jadi penanda kembalinya kesenian tradisional etnis Tionghoa itu setelah sempat 'menghilang' selama dua tahun.

Alasannya tentu karena pandemi COVID-19 yang melanda sejak awal 2020 silam. Sejak saat itu segala aktivitas yang berpotensi menimbulkan kerumunan sontak dihentikan, termasuk atraksi seniman barongsai.

"Baru tahun ini kita tampil lagi. Jadi kita sempat dua tahun vakum enggak ada kegiatan apa-apa selama pandemi COVID-19," ungkap Hengky owner sekaligus pelatih barongsai dari komunitas Tienlung Bandung kepada detikcom, Selasa (1/2/2022).

Selama dua tahun vakum, Hengky mengaku hal itu amat berdampak pada ia dan anggotanya yang lain. Mengingat mereka tentu sangat bergantung pada momen perayaan hari besar etnis Tionghoa tersebut.

"Iya kita tetap latihan, dan kebetulan kita juga kan tergabung di KONI Kota Bandung. Ada organisasi juga, jadi kita di situ kebanyakan menyusun rencana agenda buat kedepannya," kata Hengky.

Beruntung pada momen Imlek tahun ini ada pelonggaran dari pemerintah sehingga atraksi barongsai salah satunya bisa bangun dari tidur panjang selama dua tahun.

"Kebetulan hari ini jadi hari kedua kita manggung, sampai hari ke delapan nanti kita ada manggung setiap hari di hotel dan tempat wisata," ucap Hengky.

Hengky bersyukur masyarakat menyambut baik suguhan barongsai dari komunitasnya. Hal itu terlihat dari antusiasnya pengunjung di objek wisata Floating Market tempat mereka menggelar atraksi.

"Kita lihat animonya sangat bagus ya, ramai juga. Tadi kita sempat perform di atas perahu, sebetulnya setiap atraksi ada risikonya. Tapi kita kan sudah latihan tentunya dibantu dengan doa," ujar Hengky.

Di tengah pandemi COVID-19 yang masih menghantam, atraksi yang mereka suguhkan tetap mengedepankan penerapan protokol kesehatan.

"Untuk manggung juga kita prokes dijaga, tetap memakai masker dan semua sudah divaksinasi," kata Hengky.

Hengky berharap Imlek kali ini membawa keberkahan dan kebahagiaan semua umat. Termasuk keselamatan menjalani tahun 2022 di tengah berbagai terpaan musibah.

"Dengan atraksi ini kita berharap semua bisa bahagia dan selamat. Tempat wisata jadi ramai lagi dan semuanya selalu sehat," ujar Hengky

(yum/bbn)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT