Kabupaten Bandung Barat

Jelang Libur Imlek, Polisi Waspada Lonjakan Kunjungan ke Lembang

Whisnu Pradana - detikNews
Senin, 31 Jan 2022 15:38 WIB
Kawasan wisata Lembang, Kabupaten Bandung Barat diserbu wisatawan saat libur tahun baru 2022. Volume kendaraan pun mengalami peningkatan.
Akses kawasan Lembang. (Foto: Whisnu Pradana/detikcom)
Bandung Barat -

Jajaran Satlantas Polres Cimahi menerapkan skema pengawasan dan rekayasa lalu lintas di kawasan wisata Lembang, Kabupaten Bandung Barat, jelang libur Imlek 2022. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan kunjungan wisatawan ke Lembang pada libur Imlek yang jatuh pada Selasa (1/2/2022).

"Menghadapi imlek besok, kita menerapkan protap pengawasan dan pengaturan lalu lintas seperti biasa. Sama seperti yang diterapkan di libur akhir pekan," ujar KBO Satlantas Polres Cimahi Iptu Erin Herinduansyah saat dihubungi detikcom, Senin (31/1/2022).

Ia mengatakan pada Senin ini belum terlihat adanya lonjakan kunjungan wisatawan ke Lembang. Pihaknya hanya mengawasi arus lalu lintas seperti biasa.

"Untuk kunjungan hari ini lancar enggak ada peningkatan. Nah untuk besok juga diprediksi seperti weekend biasa jadi tidak terlalu membeludak," kata Erin.

Dia menyebut salah satu faktor yang membuat kawasan wisata Lembang tak bakal terlalu dibanjiri wisatawan saat libur Imlek yakni waktu libur yang hanya sehari, ditambah terpotong oleh jadwal masuk kerja pada Senin ini. "Besok ada yang berlibur, tapi mungkin didominasi wisatawan lokal Jabar. Karena kan hari enggak libur sedangkan kemarin sudah ke Bandung, terus pulang ke daerahnya. Tapi mungkin ada juga yang memang bablas liburnya sampai besok," tutur Erin.

Pihaknya tetap akan memantau arus lalu lintas di kawasan Lembang. Polisi mengimbau wisatawan tetap menjaga protokol kesehatan mengantisipasi penyebaran COVID-19.

"Tapi pada intinya kami tetap melakukan pengaturan lalin, hanya untuk penerapan rekayasa khusus tidak ada. Kami tekankan juga soal penerapan protokol kesehatan di objek wisata," tutur Erin.

(yum/bbn)