Jabar Hari Ini: Ketum GMBI Tersangka-Heboh Bocah Pemakan Kertas

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 28 Jan 2022 23:31 WIB
Ketua Umum GMBI Fauzan
Ketua Umum GMBI M Fauzan (Foto: istimewa)
Bandung -

Aneka peristiwa terjadi di Jabar hari ini. Polisi menetapkan Ketua Umum GMBI menjadi tersangka imbas demo ricuh. Lalu, di Cianjur, heboh bocah kecanduan makan kertas.

Berikut rangkuman Jabar hari ini, Jumat (28/1/2022):

Polisi Tetapkan Ketum GMBI Tersangka

Ketua Umum Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) M Fauzan ditetapkan polisi sebagai tersangka berkaitan demo berujung anarkis di depan Mapolda Jabar. Selain Fauzan, ada 10 orang anak buahnya yang juga jadi tersangka.

"Tadi siang oleh penyidik sudah ditetapkan sebagai tersangka," ucap Kabid Humas Polda Jabar Kombes Ibrahim Tompo di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, Jumat (28/1/2022).

Fauzan ditangkap polisi di kediamannya tadi pagi. Dia kemudian diperiksa secara intensif oleh penyidik Polda Jabar.

>>Polisi bicara aktor intelektual demo ricuh GMBI<<

Bocah Cianjur Kecanduan Makan Kertas

MAF, bocah berusia 6 tahun asal Kecamatan Bojongopicung, Kabupaten Cianjur, memiliki kebiasaan aneh. Anak bungsu dari tiga bersaudara ini kerap memakan kertas papir atau kertas rokok.
Ade (49), ayah dari MAF mengatakan, kebiasaan aneh anaknya itu bermula ketika usia dua tahun. MAF kerap mengambil kertas papir atau kertas pembungkus rokok linting milik ayah atau kakeknya.

Awalnya MAF hanya menjilati bagian manis pada kertas papir. Namun lama-kelamaan, tidak hanya menjilati, kertas papir itu dimakan.

"Kebiasaan makan kertas papir dari usia MAF sekitar 2 tahun. Dulu kan saya sama kakeknya merokok lintingan, kertas papirnya diambil dan dijilati, karena ada bagian yang manisnya. Tapi bukan sekadar dijilati, sekarang malah seringnya dimakan," ungkap Ade, Jumat (28/1/2022).

>>Apa respons Dinkes Cianjur soal bocah pemakan kertas?<<

Ganjil Genap di Kota Bogor

Satgas Kota Bogor kembali memberlakukan sistem ganjil genap pada Sabtu (29/1/2022) hingga Minggu (30/1/2022). Ganjil genap diberlakukan sebagai upaya untuk menekan mobilitas warga untuk antisipasi sebaran Omicron.

"Ya, besok ganjil genap tetap berlaku untuk semua kendaraan yang masuk ke Kota Bogor. Sesuai tanggalnya, maka kendaraan yang boleh melintas hanya kendaraan dengan nopol ganjil," kata Kapolresta Bogor Kota Kombes Susatyo Purnomo Condro, Jumat (28/1/2022).

Pemeriksaan kendaraan, menurut Susatyo, akan berlangsung di tujuh titik. Di antaranya Gerbang Tol Bogor, Simpang Branangsiang, Simpang Batutulis, Jalan Veteran, Simpang Jembatan Merah, Air Mancur dan Putaran RM Bumi Aki di Jalan Pajajaran.

>>Ganjil genap berlaku 24 jam<<

Jenazah Rizal akan Dimakamkan di TMP Cikutra

Jenazah Sertu Anumerta Rizal Maulana Arifin akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Cikutra, Kota Bandung. Rizal salah satu prajurit TNI yang gugur ditembak teroris Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua.

Jenazah Rizal sudah tiba di rumah duka, Kampung Bojong Suren, Kelurahan Pasawahan, Kecamatan Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, Jumat (28/1/2022) malam, pukul 20.25 WIB. Jasad lelaki tersebut akan dimakamkan di TMP Cikutra pada Sabtu (29/1/2022).

"Besok (Sabtu) pagi kita akan melaksanakan upacara persemayaman sebelum pelaksanaan pemakaman di TMP Cikutra Kota Bandung," ujar Dandim 0624/Kabupaten Bandung Letkol Arh Dhama Noviang Jaya di rumah duka.

>>Jenderal Dudung akan pimpin pemakaman Rizal<<

Penari Korban Bentrokan Double O Sorong

Ananin, warga Dusun Kedungreju, Desa Wonoharjo, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, menjadi korban bentrokan di tempat hiburan malam Double O Sorong, Papua.

Kabar tersebut dibenarkan kakak kandungnya, Reni Susilowati (34) yang sudah mendapat kabar tersebut dari Selasa (25/1). Saat dikonfirmasi detikcom, Reni sudah dihubungi perwakilan manajemen tempat adiknya bekerja.

"Adik saya ditemukan meninggal dunia bersama rekan kerjanya pada saat bentrok karena tempat bekerjanya dibakar," ucap Reni pada Jumat (28/1/2022).

Ia mengatakan ada tiga rekan Ananin yang ikut tewas saat kejadian berlangsung. "Dua orang dari Bandung dan satunya asal Makassar," kata dia.

>>Pemkab Pangandaran siap bantu pemulangan jenazah Ananin<<

(bbn/mso)