Kasus Omicron Merangkak Naik, Ridwan Kamil Pastikan PTM Tetap Berjalan

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Selasa, 25 Jan 2022 19:51 WIB
ridwan kamil
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Foto: Enggran Eko Budianto)
Bandung -

Kasus Omicron saat ini tengah merangkak naik. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memastikan pembelajaran tatap muka (PTM) di sekolah tetap berlangsung di tengah melonjaknya varian Omicron.

"Pendidikan tatap muka tetap dilaksanakan. Karena kita mengambil keputusan sesuai dengan informasi-informasi yang terukur, termasuk melakukan tes secara acak di sekolah, yang per hari ini belum banyak ditemukan kasus-kasus yang mengkhawatirkan," ujar Kang Emil sapaannya kepada wartawan di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Selasa (25/1/2022).

Emil mengatakan varian Omicron di Jabar sendiri diindikasikan lampu kuning. Meski demikian, dia memastikan kasus Omicron di Jabar masih terkendali.

Dia mengatakan mayoritas kasus Omicron di Jabar sendiri masih berhimpun pada episentrum yang ada di Jabar. Dari data yang diterima, di Jabar hanya dua daerah yang relatif tinggi penyebarannya.

"Mayoritas kasus di Jawa Barat itu berhimpun masih sama di Jabodetabek, jadi Depok Bekasi relatif lebih tinggi seiring setiap ada kenaikan di DKI Jakarta," kata dia.

Terkait PTM ini juga sebelumnya sempat disinggung oleh Ombudsman Jabar. Ombudsman meminta agar Ridwan Kamil mengkaji ulang penerapan PTM 100 persen.

"Sebagaimana diketahui bahwa lonjakan kasus COVID-19 akibat adanya varian virus Omicron cukup mengkhawatirkan. Mengacu pada data per 23 Januari 2022, terjadi penambahan kasus COVID-19 harian mencapai angka 2.925 kasus. Namun, penyelenggaraan pendidikan masih tetap melaksanakan PTM 100 persen," ujar Plh Kepala Ombudsman Jabar Dominikus Dalu dalam keterangannya, Selasa (25/1/2022).

Dia menuturkan Ridwan Kamil perlu mengakaji ulang penerapan PTM 100 persen di sekolah. Sebab, sambung dia, Jabar diketahui merupakan provinsi kedua penyumbang kasus harian tertinggi usai DKI Jakarta.

"Berdasarkan data tersebut, diperlukan langkah antisipatif dan perlindungan keselamatan siswa sekolah yang menyelenggarakan PTM 100 persen agar kasus COVID-19 tidak kembali melonjak," tutur dia.

Tonton video 'Omicron Meningkat, Menko PMK: PTM Tetap Berjalan':

[Gambas:Video 20detik]



(yum/bbn)