ADVERTISEMENT

Urai Kemacetan, Pemkab Bandung Barat Segera Bangun Jalan Lingkar Padalarang

Whisnu Pradana - detikNews
Selasa, 25 Jan 2022 14:41 WIB
Ilustrasi jalan
Foto: Ilustrasi (Getty Images/PPAMPicture).
Bandung Barat -

Pemerintah Kabupaten Bandung Barat (KBB) segera membangun Jalan Lingkar Padalarang. Rencananya peletakan batu pertama digelar pada Februari mendatang.

Jalan Lingkar Padalarang tersebut nantinya bakal memiliki panjang 7,4 kilometer. Jembatan itu akan menghubungkan wilayah Kota Baru Parahyangan dengan daerah Cipatat.

"Jika tidak ada kendala ground breaking Jalan Lingkar Selatan nanti 22 Februari," ungkap Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan pada Sekretariat Daerah Bandung Barat Maman Sulaeman kepada wartawan, Selasa (25/1/2022).

Maman mengatakan jalan lingkar tersebut diharapkan bisa mengatasi permasalahan kemacetan di kawasan Jalan Raya Tagog Padalarang hingga Jalan Raya Ciburuy bahkan Cipatat yang selama ini kerap terjadi setiap hari akibat tingginya volume kendaraan.

"Tentu harapannya macet yang selama ini terjadi bisa terurai. Ditambah itu sangat dibutuhkan dalam rangka penataan kawasan Padalarang jadi daerah ekonomi dan wisata," tutur Maman.

Maman juga mengatakan pembangunan Jalan Lingkar Padalarang wajib dilakukan lantaran sebelumnya dijadikan syarat dan perizinan pembangunan Flyover Simpang Padalarang.

"Jadi Jalan Lingkar Padalarang ini juga menunjang dibangunnya Flyover Simpang Padalarang. Jadi ini satu kesatuan," kata Maman.

Sementara itu Tresna Pamuji, warga Padalarang mengaku belum mengetahui rencana pembangunan Jalan Lingkar Padalarang. Namun, jika terealisasi dan bisa mengurai kemacetan di Jalan Padalarang, maka hal itu bagus untuk dilaksanakan.

"Kalau informasinya sebenarnya belum tahu, tapi masyarakat kan yang penting ada. Tujuannya untuk mengurai kemacetan ya didukung," kata Tresna.

(mso/mso)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT