Kabar Baik! Groundbreaking Tol Cigatas Dimulai Awal Februari 2022

Wisma Putra - detikNews
Selasa, 25 Jan 2022 14:14 WIB
Tol Cisumdawu baru saja diresmikan. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil langsung menjajal jalan tol tersebut.
ol Cisumdawu baru saja diresmikan. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil langsung menjajal jalan tol tersebut. (Foto: Wisma Putra)
Bandung -

Peletakan batu pertama (groundbreaking) Tol Cileunyi-Garut-Tasikmalaya (Cigatas) hingga Cilacap akan dimulai pada pekan depan atau awal Februari 2022. Hal itu dikonfirmasi Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Selasa (25/1/2022).

Ridwan Kamil mengatakan, keberadaan infrastruktur berupa jalan tol amat penting untuk menggenjot pembangunan nasional. Seperti diketahui, pada Senin (24/1/2022) kemarin, Tol Cisumdawu Seksi I yang menghubungkan Cileunyi-Pamulihan baru saja diresmikan.

"Sekitar 6 dan 7 jalan tol yang akan dikerjakan, pentingnya Jawa Barat dalam konstelasi nasional, insya Allah nanti terpanjang di Pulau Jawa, yang menghubungkan Cileunyi, Garut, Tasikmalaya dan Cilacap insyaallah kalau tidak ada halangan insya Allah minggu depan groundbreaking," kata pria yang akrab disapa Kang Emil itu.

Seperti diketahui, pembangunan seluruh seksi Tol Cisumdawu ditargetkan rampung pada Juni 2022. Setelah Cisumdawu, pembangunan proyek tol akan dilanjutkan di Cigatas.

"Ini berita besar untuk wilayah Priangan Timur sampai Cilacap akan dimulai," ujarnya.

Ia menyebut, sudah ada pemenang lelang pembangunan Tol Cigatas ini. "Ini ditunggu-tunggu karena lelangnya sudah selesai," ujarnya.

Kang Emil berharap, pembangunan infrastruktur jalan bebas hambatan ini bisa meningkatkan perekonomian Jawa Barat.

"Kami ucapkan terimakasih kepada Pak Jokowi dan Menteri PUPR yang berikan dukungan infrastruktur darat yang luar biasa, ditambah aktivasi kereta (cepat) insya Allah Jawa Barat menjadi terbaik," pungkasnya.

(yum/bbn)