Bau! Pedagang Keluhkan Tumpukan Sampah di Pasar Sehat Cileunyi

Yuga Hassani - detikNews
Senin, 24 Jan 2022 19:11 WIB
Tumpukan sampah di Pasar Sehat Cileunyi, Kabupaten Bandung
umpukan sampah di Pasar Sehat Cileunyi, Kabupaten Bandung (Foto: Yuga Hassani/detikcom)
Bandung -

Tumpukan sampah terlihat di Pasar Sehat Cileunyi, Kabupaten Bandung, Senin (24/1/2022). Sampah yang menggunung tersebut belum diangkut petugas sekitar kurang lebih 6 bulan.

Salah satu pedagang kopi, Cepi Gurfah (32) mengatakan bahwa dengan adanya sampah tersebut membuat tidak nyaman bagi yang berbelanja ke pasar. Bahkan, kata dia, penjualan pun mengalami penurunan.

"Ini sudah kurang lebih 6 bulan lebih yang lalu belum diangkut-angkut. Ya kalau bau gini pembeli juga jadi males ke sini," ujar Cepi saat ditemui di Pasar Sehat Cileunyi.

Cepi pun berharap bahwa sampah tersebut bisa segera diangkut oleh petugas kebersihan. Dengan itu, kata dia, pasar Cileunyi bisa kembali bersih seperti semula.

"Iya harapan mah pengen segera diangkut lah. Apalagi itu menutup jalan, jadi jalan itu bisa terpakai kembali oleh pedagang dan masyarakat lainnya," jelasnya.

Sementara itu, salah satu pedagang buah-buahan, Iip (52) menjelaskan dengan adanya sampah tersebut membuat penjualannya menurun. "Yang beli juga banyak yang ngeluh bau. Apalagi kan lalatnya bisa ke buah-buahan kan kuman juga," katanya.

Pihaknya juga mengaku sering mendengar sampah tersebut akan diangkut. Namun, kata dia, hingga saat ini sampah tersebut belum juga diangkut.

"Ngejanjiin diangkut tanggal sekian, tanggal sekian tapi sampai sekarang belum juga diangkut juga. Padahal kita udah bayar iuran sampah sebesar Rp 5 ribu per hari, tapi ya gini belum diangkut terus," ucapnya.

Iip juga menuturkan bahwa jika hujan tiba pasti sampah tersebut membuat genangan yang bau. Bahkan, kata dia, genangan air hujan bisa masuk sampai ke area pasar.

"Kalau hujan pasti lebih parah baunya. Apalagi kalau di sana daerah yang deket sampahnya, ada tukang daging, ikan, pasti bau pisan," pungkasnya.

Pantauan detikcom di lokasi, sampah tersebut menutupi jalan yang ada di pasar sehat Cileunyi. Sampah tersebut juga menggunung hingga tinggi 1,5 meter dan lebar sekitar 3 meter. Selain di area tersebut, tepat di pintu masuk pasar sehat Cileunyi pun terdapat dua tumpukan sampah.

(yum/bbn)