Heboh Makam Misterius Depan Perumahan Bandung, Begini Faktanya

Yuga Hassani - detikNews
Jumat, 21 Jan 2022 09:45 WIB
Makam misterius depan gerbang perumahan di Kabupaten Bandung.
Foto: Warga bersihkan tumpukan pasir yang dijadikan makam depan gerbang perumahan di Kabupaten Bandung (Yuga Hassani/detikcom).
Kabupaten Bandung -

Sebuah makam tiba-tiba muncul di gerbang masuk Perumahan Gading Residen, Cangkuang, Kabupaten Bandung. Warga mengungkap fakta di balik kemunculan makam tersebut.

Seorang penjaga warung yang berada di sekitar lokasi Kholiyah (43) mengatakan bahwa makam itu dibuat oleh sejumlah warga iseng.

"Itu mah sebenarnya bercanda. Karena ada pasir yang menumpuk, dan ada pacul, terus anak-anak yang ada di sini sengaja iseng ngaheureuyan babaturanna nu sok macul (bercandain temannya yang suka nyangkul)," ujarnya saat ditemui detikcom, Jumat (21/1/2022).

Pihaknya pun tidak menyangka bahwa hal tersebut bisa membuat ramai sosial media. Bahkan, kata dia, masyarakat komplek pun banyak yang bertanya mengenai hal tersebut.

Makam misterius depan gerbang perumahan di Kabupaten Bandung.Makam misterius depan gerbang perumahan di Kabupaten Bandung. Foto: Istimewa

"Enggak nyangka bakal rame kaya gini saya juga. Ya itu mah bercanda aja, enggak ada maksud apa-apa. Tapi sekarang udah dibersihkan lagi," katanya.

Dia juga menjelaskan adanya tumpukan pasir di depan gerbang perumahan karena ada pengangkut pasir yang sering menyimpan pasir sembarangan.

"Biasanya mereka memindahkan pasir dari truk besar, ke truk kecil. Harusnya jangan nyimpan pasir di mana aja," ujarnya.

Dari video yang beredar, nampak sebuah makam tersebut banyak ditaburi bunga-bunga. Bahkan terdapat nisan yang seakan makam tersebut adalah betulan.

Lihat juga Video: Cerita Dibalik Makam Palsu di Pasuruan

[Gambas:Video 20detik]




(mso/mso)