Situs Percandian Batujaya Karawang Terendam Banjir

Yuda Febrian Silitonga - detikNews
Selasa, 18 Jan 2022 22:51 WIB
Situs Percandian Batujaya Karawang Terendam Banjir
Banjir merendam Situs Percandian Batujaya di Karawang. (Foto: istimewa)
Karawang -

Intensitas hujan tinggi di Karawang mengakibatkan Situs Percandian Batujaya terendam banjir. Juru Pelihara Situs Percandian Batujaya Karawang Mulyanto mengatakan air mulai merendam kompleks percandian pada Selasa (18/1/2022) dini hari.

"Mulai hujan itu Senin malam, terus sampai hari ini juga air masih merendam candi," kata Mulyanto saat dihubungi melalui sambungan telepon, Selasa (18/1/2022) malam.

Ada dua candi yang terendam banjir di area situs tersebut. "Terendam air itu Candi Jiwa dan Blandongan, itu ketinggiannya sekitar 30 sentimeter atau selutut orang dewasa," ucapnya.

Selain itu, menurutnya, sawah yang berada di sekeliling kawasan percandian ikut terendam. Ia menjelaskan biasanya kawasan percandian tidak mengalami banjir lantaran memiliki sumur resapan.

"Biasanya tidak sampai terendam seperti ini, karena di sekitaran candi ada sumur resapan. Tapi sepertinya karena hujan terus, sumurnya tidak mampu menampung air," ujar Mulyanto.

Hingga malam ini, menurut dia, banjir belum surut. "Kalau dari kami paling menunggu surut baru berbenah, karena kalau tidak hujan besok sebenarnya bisa cepat surut," kata Mulyanto.

Sekedar diketahui, Situs Percandian Batujaya di Karawang merupakan kawasan cagar budaya. Penetapannya sesuai Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 70/M/2019 tentang Kawasan Cagar Budaya Batujaya Sebagai Kawasan Cagar Budaya Tingkat Nasional.

(bbn/bbn)