Ini 3 Prodi yang Gelar KBM di Kampus ITB Cirebon

Sudirman Wamad - detikNews
Senin, 17 Jan 2022 18:07 WIB
Pembukaan Kampus ITB Cirebon
Peresmian kampus Institut Teknologi Bandung (ITB) di Cirebon (Foto: Sudirman Wamad/detikcom)
Cirebon -

Institut Teknologi Bandung (ITB) resmi memulai kegiatan belajar atau perkuliahan di Kampus Cirebon. Sebanyak tiga program studi (prodi) yang dilaksanakan di Kampus Cirebon.

Rektor ITB Reini Wirahadikusumah mengatakan hari ini (17/1/2022) ITB Kampus Cirebon memulai perkuliahan semester II tahun akademik 20221-2022 untuk tiga prodi, yakni perencanaan wilayah dan kota, teknik industri dan studi kriya. Sebelumnya, mahasiswa dari tiga prodi itu melaksanakan perkuliahan di ITB Kampus Jatinangor.

"ITB Kampus Cirebon memiliki dua kompleks, yaitu di Watubelah dan Arjawinangun. Pelaksanaan kegiatan akademik pun akan menggunakan kedua kompleks kampus tersebut," kata Reini.

Sementara itu, untuk perkuliahan dua prodi lainnya, yakni geofisika dan oseanografi, serti teknik pertambangan dan perminyakan akan dimulai pada semester I tahun akademik 2022-2023. Reini mengatakan ITB Kampus Cirebon mampu menampung kurang lebih 10 ribu mahasiswa. Pihaknya juga telah bekerja sama dengan Pemerintah Korea Selatan, dan telah meresmikan MTCRC (Marine Technology Cooperation Research Centre) di kampus Watubelah pada tahun 2018.

"Tujuan utama pengembangan multi kampus adalah meningkatkan peran ITB dalam membangun riset dan inovasi unggul di masa depan. Berkontribusi dalam pengembangan sumber daya manusia yang berkualitas internasional namun berbasiskan kearifan lokal," kata Reini.

Ia menjamin penyelenggaraan ITB Kampus Cirebon setara dengan Kampus Ganesha dan Jatinangor. "Persiapan ITB Kampus Cirebon sudah dimulai sejak 2015, dan pembukaan kegiatan akademik di Cirebon menandai era baru dalam pendidikan tinggi, yakni Education 4.0 yang mengedepankan teknologi informasi digital.

Sehingga pembelajaran dapat dilakukan secara bersamaan pada tempat yang berbeda-beda. Dengan adanya ITB Kampus Cirebon ini, maka implementasi konsep multi kampus ITB bisa berjalan secara utuh," kata Reini.

Reini mengatakan keberadaan ITB Kampus Cirebon diharapkan meningkatkan angka pemerataan pendidikan tinggi di wilayah Ciayumajakuning (Cirebon Kota Kabupaten, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan), dan Jabar secara umum. Serta mendukung penelitian di bidang sains, teknologi, seni, dan humaniora.

Sementara itu, Bupati Cirebon Imron mengaku bangga dan bersyukur dengan keberadaan ITB Kampus Cirebon. Imron berharap ITB Kampus Cirebon berkomitmen untuk menggali potensi yang ada di Kabupaten Cirebon.

"Potensi alam sangat bagus, begitupun dengan laut. Kita tahu, kemiskinan di Cirebon sangat tinggi. Berada di level bawah di Jabar. Kita berharap adanya ITB ini bisa meningkatkan sumber daya manusia juga dari segi pendidikan," kata Imron.

(yum/bbn)