Bisikan Ridwan Kamil ke Jokowi Saat Bertemu di Unpar

Wisma Putra - detikNews
Senin, 17 Jan 2022 16:03 WIB
Presiden Joko Widodo meresmikan Gedung Pusat Pembelajaran Arntz Geise Universitas Katolik Parahyangan. Selain itu, Jokowi juga akan memberikan kuliah umum kepada civitas akademika Unpar.
Presiden Joko Widodo mendapatkan bisikan dari Ridwan Kamil soal vaksinasi COVID-19 (Foto:Wisma Putra)
Bandung -

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melaporkan capaian vaksinasi di Jabar yang sudah melebihi angka 70 persen. Laporan itu disampaikan dengan cara berbisik.
Hal tersebut, dikatakan Jokowi saat memberikan kuliah umum President Lecture di kampus Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) Kota Bandung, Senin (17/1/2022).

"Saat ini 30 provinsi telah mencapai target di atas 70 persen," kata Jokowi.

"Tadi yang di atas 70 persen termasuk Jawa Barat," ucap Jokowi menambahkan.

Bisikan itu disampaikan Ridwan Kamil sebelum Jokowi menyampaikan President Lecture di hadapan ribuan mahasiswa Unpar.

"Karena tadi pak gubernur bisik-bisik ke saya, pak Jawa Barat sudah 83 persen," katanya.

"Iya iya iya," ucap Jokowi dengan gaya bicara khasnya

Jokowi menambahkan, vaksinasi di 34 protein di Indonesia sudah mencapai 297.500.000. Untuk mencapai vaksinasi hingga 297 juta bukan hal yang mudah dan dibutuhkan kerjasama.

"297 juta bukan barang yang mudah, untuk negara serumit kita ini, menyuntik ke 17 ribu pulau, 514 Kabupaten kota dan 34 provinsi bukan hal mudah, ada naik perahu, naik motor ke gunung, bukan hal mudah. Saya sangat apresiasi TNI Polri yang dukung penuh vaksinasi. Kita ini vaksinasinya no 4 di dunia, setelah China, Brazil, Amerika dan Indonesia," pungkasnya.

(yum/bbn)