Jokowi Ditawari Cilok Saat Berkunjung ke Pasar Sederhana Bandung

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Senin, 17 Jan 2022 14:12 WIB
Presiden Jokowi memberikan bantuan kepada sejumlah pedagang di Pasar Sederhana Bandung, 17 Januari 2022
Presiden Jokowi memberikan bantuan kepada sejumlah pedagang di Pasar Sederhana Bandung, 17 Januari 2022 (Foto: Dony Indra Ramadhan/detikcom)
Bandung -

Presiden Joko Widodo mengunjungi Pasar Sederhana, Kota Bandung pada Senin (17/1/2022). Di pasar tersebut, Jokowi sempat ditawari makanan khas Bandung cilok. Cilok adalah makanan yang berbahan dasar tepung kanji yang dibentuk bulat, biasanya cilok disantap dengan bumbu kacang serta kecap.

Jokowi datang didampingi Gubernur Jabar Ridwan Kamil hingga Plt Wali Kota Bandung Yana Mulyana. Sesaat keluar dari mobil, Jokowi menghampiri sejumlah pedagang yang berada di pasar tersebut. Jokowi memberikan bantuan kepada para pedagang.

Di saat pemberian bantuan itulah, Jokowi ditawari cilok oleh pedagang bernama Amir (58). Menurut pedagang asal Garut ini, dia sempat menawarkan Jokowi cilok.

"Sempat nanya, ini (nunjuk dagangan) apa? Saya jelasin ini cilok. Saya tawarin tadi, tapi kata Presiden-nya nanti saja," ucap Amir kepada wartawan.

Amir mengaku bangga bisa bertemu langsung dengan orang nomor satu di Indonesia. Apalagi, Amir mendapatkan bantuan berupa modal usaha dan sembako.

"Tadi ditanya, modal usaha berapa. Terus dikasih bantuan," katanya.

Bantuan juga diberikan Jokowi ke pedagang lainnya Irfan (42). Pedagang kolang kaling itupun membagikan dagangannya secara gratis usai diberi bantuan Jokowi.

"Barangnya dibagikan saja, gratis. Biar berkah, sayakan sudah mendapat bantuan dari Presiden," ujar Irfan.

Irfan mengaku tak banyak berbincang dengan Jokowi. Menurut dia, Jokowi hanya menanyakan jenis barang yang dijual dan langsung memberikan bantuan.

"Cuma ditanya saja jualannya apa. Terus dikasih bantuan buat modal sama bingkisan isi beras, minyak," kata dia.

(yum/bbn)