Sepulang dari Arab Saudi, TKI asal Majalengka Terpapar Omicron

Bima Bagaskara - detikNews
Senin, 17 Jan 2022 12:04 WIB
Poster
Ilustrasi Virus Corona varian Omicron (Foto: Edi Wahyono)
Majalengka -

Seorang warga Kabupaten Majalengka, Jawa Barat terdeteksi positif COVID-19 varian omicron. Warga tersebut diketahui baru saja kembali dari Arab Saudi yang bekerja sebagai TKI.

Sekda Kabupaten Majalengka Eman Suherman mengatakan saat ini warga yang terpapar omicron tersebut sedang menjalani karantina di wilayah Jakarta.

"Masih dikarantina. Masuknya data Jakarta, belum ke kita (Majalengka)," kata Eman dalam keterangan yang diterima detikcom, Senin (17/1/2022).

Sementara itu, Sekertaris Dinas Kesehatan Majalengka Agus Susanto menjelaskan, dari informasi Satgas Pusat, meski dikarantina namun warga Majalengka yang terpapar omicron itu dalam kondisi baik.

Menurut Agus warga tersebut diketahui merupakan warga Kecamatan Sumberjaya. Kata dia, yang bersangkutan diperbolehkan pulang setelah menjalani masa karantina.

"Kondisinya baik, dia tanpa gejala. Yang bersangkutan merupakan warga Kecamatan Sumberjaya. Kita komunikasi terus dengan satgas di sana, ketika karantina selesai, dia akan pulang ke Majalengka," jelas Agus.

Ia juga mengungkapkan, Pemkab Majalengka telah melakukan berbagai persiapan jika ada kemungkinan ditemukannya warga yang terpapar COVID-19 varian omicron.

Salah satu persiapannya yakni terus mengawasi pergerakan warga yang melakukan perjalanan luar negeri.

"Omicron ini penyebarannya cukup masif, tapi tidak sebahaya varian delta. Kuncinya tetap harus prokes, vaksinasi dan PPLN (Pemantauan Perjalanan Luar Negeri," ujar Eman.

Simak Video 'Saat Menkes Budi Bicara Terkait Prediksi Puncak Omicron di RI':

[Gambas:Video 20detik]



(yum/bbn)