ADVERTISEMENT

Gempa M 5,4 Banten, Warga Sukabumi Rasakan Getaran Dua Detik

Syahdan Alamsyah - detikNews
Senin, 17 Jan 2022 08:35 WIB
Ilustrasi Gempa Bumi Umum
Ilustrasi gempa (Ilustrator: Mindra Purnomo/detikcom)
Kabupaten Sukabumi -

Gempa bumi dengan magnitudo (M) 5,4 di Banten dirasakan warga Sukabumi dan Bogor. Berdasarkan penjelasan BMKG, gempa terjadi di kedalaman10 km, 07:25:56 WIB dengan koordinat: 7.60 LS-105.90 BT.

Diketahui pusat gempa berada di laut 84 km barat daya Bayah, Banten. "Gempa tidak berpotensi tsunami," kata BMKG melalui situs resminya, Senin (17/1/2022).

"Palabuhanratu hanya ngejeut hungkul (guncangan sekali saja), terasa sekitar 2 detik " kata Siswo Wasito, warga Sukabumi.

Warga Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, juga merasakan guncangan selama dua detik saat gempa terjadi. "Hanya bergetar sekali, mudah-mudahan tidak ada lagi. Soalnya pasti pada panik," ucap Suhendi, warga Pasar Cibadak.

Berdasarkan informasi yang dirilis BMKG di situs resminya, Senin (17/1/2022), gempa dirasakan di Bogor dengan skala MMI II-III. Selain itu, gempa juga dirasakan di Kabupaten Sukabumi, Pelabuhan Ratu, Cikembar, Cireunghas, dan Sumur dengan skala MMI II-III.

Skala II MMI berarti getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Skala III MMI berarti getaran dirasakan nyata dalam rumah dan terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

Simak Video 'Banten Gempa Lagi, Kali Ini M 5,4':

[Gambas:Video 20detik]



(sya/bbn)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT