Heboh ODGJ di Cianjur Dipukuli Gegara Ambil Makanan di Pasar

Ismet Selamet - detikNews
Minggu, 16 Jan 2022 16:23 WIB
Ilustrasi penganiayaan (dok detikcom)
Foto: Ilustrasi pengeroyokan (dok detikcom)
Cianjur -

Kasus Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) mendapat tindak kekerasan kembali terjadi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Kali ini DD (25) seorang ODGJ asal Desa Panyusuhan, Kecamatan Sukaluyu dipukuli beberapa orang lantaran mengambil makanan di pasar.

Informasi yang dihimpun detikcom, aksi pemukulan terhadap ODGJ itu terjadi pada Sabtu (16/1/2022) kemarin. Korban yang memiliki gangguan kejiwaan itu berkeliaran dan mengambil makanan di Pasar Pusaka, Desa Sukaluyu, Kecamatan Sukaluyu.

Aksinya pun dipergoki oleh beberapa oreng yang diduga petugas keamanan pasar desa tersebut. "Setelah memergoki DD, para pelaku langsung menangkapnya. Tapi setelah ditangkap, pelaku yang berjumlah tiga orang ini langsung memukuli DD," ujar Kapolsek Sukaluyu AKP Yayan Suharyana, Minggu (16/1/2022).

Warga yang melihat aksi pemukulan itupun langsung melerai dan melaporkan kejadian tersebut ke pihak kepolisian.

"Setelah dapat informasi tersebut, anggota langsung ke lokasi. Kita bawa DD yang sudah dalam kondisi babak belur. Sedangkan tiga orang yang memukuli DD sudah kabur," ucapnya.

Menurutnya DD langsung dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan. "Saat ini korban masih berada di RSUD Sayang Cianjur karena mengalami luka serius pada bagian wajah, dimana tulang hidungnya patah," kata dia.

Yayan mengatakan para pelaku diduga melakukan aksi pemukulan lantaran tidak tahu jika korban mengalami gangguan kejiwaan atau ODGJ. "Meskipun bukan ODGJ, harusnya tidak main hakim sendiri," ungkapnya.

Yayan menambahkan pihak keluarga ODGJ tersebut sudah membuat laporan. Pihaknya juga sudah memanggil sejumlah saksi untuk dimintai keterangan.

"Pelaku masih kita cari, karena setelah kejadian para pelaku kabur," pungkasnya.

Sekadar diketahui, beberapa waktu lalu terjadi aksi serupa. Sutar (45), orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) asa Kampung Cibingbin Desa Padamulya Kecamatan Pasirkuda Kabupaten Cianjur tewas dengan kondisi yang mengenaskan. Korban diduga dipukuli dan dianiaya oknum warga lantaran dianggap meresahkan.

(mso/bbn)