Bogor Jadi Kota Termacet Kelima di Indonesia, Begini Respons Bima Arya

M. Sholihin - detikNews
Rabu, 12 Jan 2022 15:20 WIB
Potret Kemacetan di Kota Bogor
Potret kemacetan di Kota Bogor. (Foto: M. Sholihin/detikcom)
Bogor -

Posisi kelima kota termacet di Indonesia ditempati Kota Bogor berdasarkan penelitian Global Traffic Scorared 2021 yang dilakukan sebuah perusahaan analisis data lalu lintas bernama Inrix. Wali Kota Bogor Bima Arya menanggapi santai hasil penelitian tersebut.

"Apa pun hasil survei, buat kami ini satu data yang harus jadi rujukan dan bahan masukan," kata Bima, Rabu (12/1/2022).

Bima tidak kaget dengan hasil survei itu. Sebab pada 2016 , Kota Bogor juga sempat dinyatakan sebagai kota termacet di dunia.

"Waze menyatakan Bogor itu kota termacet di dunia, itu di 2016. Nah kalau hari ini peringkatnya itu sudah di 821 di dunia. Kemudian (sekarang) di Indonesia peringkat kelima, berarti ada hal-hal yang baik, itu poin pertama," tuturnya.

Menurut Bima, Kota Bogor saat ini masih berproses dalam hal penataan dan reformasi angkutan dan transportasi yang terintegrasi. "Nah poin kedua, apa pun itu, ya sekarang kita semua berproses menuju transportasi yang ramah lingkungan, nyaman, dengan melakukan reformasi angkutan kota. Jadi, kita melihat ada progres dan berharap nanti tahun-tahun ke depan semakin membaik ya peningkatannya," ujar politisi PAN itu.

Bukan hanya fokus pada pengurangan angkot yang dianggap sebagai biang kemacetan, Pemkot Bogor juga saat ini tengah menata angkutan menuju transportasi yang terintegrasi. "Kita akan fokus betul, tidak saja pada pengurangan angkot, tetapi juga membangun sistem transportasi yang terintegrasi dan mengurangi beban di pusat kota. Ini belum puas ya, ini masih banyak PR-nya," kata Bima menegaskan.

Dalam laporan Inrix 2021 Traffic Scorecard, Surabaya menduduki peringkat pertama kota paling macet di Indonesia. Sementara Jakarta menduduki peringkat kedua kota termacet di Indonesia. Kota termacet ketiga di Indonesia menurut Inrix adalah Denpasar, Bali.

Sementara Malang menjadi kota termacet keempat di Indonesia dan ke-334 di dunia. Kota di Indonesia terakhir yang disurvei Inrix adalah Bogor. Bogor menjadi kota termacet kelima di Indonesia dan ke-821 di dunia. jumlah total waktu yang terbuang dalam kemacetan selama periode jam sibuk di Bogor mencapai 7 jam.

Simak Video 'Bukan Jakarta, Ini Kota Paling Macet di Indonesia!':

[Gambas:Video 20detik]



(bbn/mso)