Warga Karawang Positif Omicron, Disnaker Awasi Kepulangan PMI

Yuda Febrian Silitonga - detikNews
Selasa, 11 Jan 2022 17:00 WIB
Omicron Variant on test tube - New Variant of Covid 19
Ilustrasi (Foto: Getty Images/iStockphoto/DMEPhotography)
Karawang -

Disnakertrans Karawang siap mengawasi pemulangan Pekerja Migran Indonesia (PMI) untuk menghalau penyebaran COVID-19 varian Omicron. Kabid Penempatan Ketenagakerjaan Disnakertrans Karawang Endang Syafrudin mengatakan terkait kepulangan PMI sesuai standarnya saat ini ditangani pemerintah pusat.

Pihaknya telah berkoordinasi dengan Satuan Tugas (Satgas) COVID-19 untuk melakukan pengawasan saat tiba di Karawang. "Untuk pencegahan, khususnya Omicron terhadap PMI Karawang, itu sudah dilakukan oleh imigrasi pelabuhan atau bandara waktu masuk ke Indonesia. Nanti diurusi oleh pemerintah pusat. Namun kami juga akan mengawasi di daerah dengan koordinasi pihak Satgas COVID-19," tutur Endang saat dihubungi melalui sambungan telepon, Selasa (11/1/2022).

Sementara itu, dari datanya, ada 362 warga Karawang yang saat ini terdaftar bekerja di luar negeri. "Dari data rekapitulasi tahun 2021 ada 362 warga yang bekerja di luar negeri dan rata-rata di negara Asia-Pasifik," ucap Endang.

Sekadar diketahui, Satgas COVID-19 Karawang mengungkapkan adanya salah satu Pekerja Migran Indonesia (PMI) positif Omicron usai pulang dari Arab Saudi. Juru Bicara Satgas COVID-19 Karawang Fitra Hergyana menjelaskan satu warga Karawang yang bekerja di Arab Saudi positif COVID-19 varian Omicron dan saat ini sudah diisolasi di Jakarta.

"Memang ada satu warga Karawang terkait positif Omicron belum kontak di Karawang, dan yang bersangkutan seorang perempuan berusia 30 tahun diambil swab dan hasilnya positif Omicron dan dia pekerja migran dari Arab Saudi," kata Fitra, Senin (10/1).

(bbn/mso)