Pria yang Hilang Usai Lepas Baju-Nyebur ke Waduk Cirata Ditemukan Tewas

Whisnu Pradana - detikNews
Selasa, 11 Jan 2022 12:34 WIB
Evakuasi jasad korban yang tewas di Waduk Cirata, Bandung Barat.
Foto: Evakuasi jasad korban yang tewas di Waduk Cirata, Bandung Barat (Istimewa).
Bandung Barat -

Informasi dalam artikel ini tidak ditujukan untuk menginspirasi siapa pun untuk melakukan tindakan serupa. Bila Anda, pembaca, merasakan gejala depresi dengan kecenderungan berupa pemikiran untuk bunuh diri, segera konsultasikan persoalan Anda ke pihak-pihak yang dapat membantu, seperti psikolog, psikiater, ataupun klinik kesehatan mental.

Seorang pria yang sebelumnya dinyatakan hilang usai nekat menceburkan diri ke Waduk Cirata, Kecamatan Cipeundeuy, Kabupaten Bandung Barat (KBB) pada Selasa (11/1/2022) dini hari ditemukan tewas.

Korban atas nama Jajang Wijaya (27), warga Desa Ciharashas, Kecamatan Cipeundeuy, Bandung Barat, ditemukan pada Selasa (11/1/2022) pukul 11.20 WIB. Jasad korban ditemukan tak jauh dari lokasi menceburkan diri.

"Pukul 11.20 WIB Tim SAR Gabungan menemukan warga yang dilaporkan menceburkan diri ke Waduk Cirata dalam keadaan meninggal dunia," ujar Komandan Tim Rescue Basarnas Bandung Sigit Haryanto melalui keterangan tertulis yang diterima detikcom.

Lantaran korban telah ditemukan, maka sesuai dengan hasil briefing Tim SAR Gabungan di lapangan maka pada pukul 11.45 WIB Ops SAR dinyatakan selesai dan ditutup.

"Seluruh Unsur SAR yang terlibat kembali ke satuannya masing masing. Sementara korban dibawa ke rumah duka menggunakan ambulans," kata Sigit.

Sementara itu Kepala Pelaksana BPBD Bandung Barat Duddy Prabowo mengatakan aksi nekat korban menceburkan diri ke Waduk Cirata diduga kuat merupakan aksi bunuh diri.

"Diduga bunuh diri, itu berdasarkan keterangan saksi yakni ayah dan adik korban. Karena korban minta diantar ke Waduk Cirata pada pukul 01.00 dini hari," kata Duddy saat dihubungi detikcom.

Kendati demikian, pihak keluarga menolak untuk dilakukan autopsi terhadap korban dan menerimanya sebagai musibah. "Untuk jenazah langsung dibawa ke rumah duka dan keluarga tidak mau ada autopsi," tegas Duddy.

(mso/bbn)