Puluhan Rumah di Purwakarta Rusak Disapu Puting Beliung

Dian Firmansyah - detikNews
Sabtu, 08 Jan 2022 09:57 WIB
Rumah di Purwakarta rusak karena puting  beliung
Foto: Dian Firmansyah
Purwakarta -

Puluhan rumah di Kampung Tabrik, Desa/ Kecamatan Babakancikao, Kabupaten Purwakarta rusak akibat diterjang angin puting beliung. Empat rumah warga tergolong rusak berat karena bagian atap rumahnya ambruk.

Angin puting beliung terjadi saat hujan deras disertai angin kencang melanda Purwakarta pada Jumat (07/01/2022) petang.

Opan Sopandi, salah satu pemilik rumah yang rumahnya rusak, ia beserta keluarga tengah berada di belakang rumah, sehingga ketika atap rumahnya ambruk tidak ada yang terluka.

"Angin itu datang dari sana, terus ke bagian atap counter terus ke rumah. Pas ambruk kita lagi pada di belakang, ini nimpa kendaraan," ujar Opan ditemui di rumahnya saat mengevakuasi puing rumahnya yang masih ambruk, Sabtu (08/01/2022).

Opan menjelaskan, selain atap rumahnya, dua bangunan lain miliknya yaitu counter dan tukang cukur atapnya ambruk. Ia menuturkan kerugian mencapai Rp 20 juta.

Sementara Rahmat yang menjaga counter itu menjelaskan detik-detik angin menyapu counternya, diawali angin menyapu pohon hingga batang pohon terbang menimpa atap counter selanjutnya angin puting ngamuk menerbangkan atap puluhan rumah.

"Angin itu menerbangkan dan menumbangkan pohon, itu batang pohon masih ada di atas. Angin enggak ke bawah tapi di atas, udah di counter terus ke rumah lalu ke rumah warga lainnya," ujar Rahmat.

Ia mengatakan rumah warga yang terdapat mencapai puluhan, itu berdasarkan laporan warga warga setempat.

"Di sini satu RT aja yang melaporkan ada 18 rumah terdampak empat rusak parah, di RT 6 ada di RT 7 dan 9 juga ada yang terdampak," pungkasnya.

(ern/ern)