Mengintip Spesifikasi Sepeda Listrik Asal Majalengka yang Dibanderol Rp 8 Juta

Bima Bagaskara - detikNews
Jumat, 07 Jan 2022 16:08 WIB
Sepeda E-Run siap produksi massal tahun ini
Foto: Sepeda listrik buatan Majalengka (dokumentasi PT Eran Teknikatam).
Majalengka -

E-Run sebuah sepeda listrik buatan PT Eran Teknikatama akan segera diproduksi massal di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat pada pertengahan tahun 2022 ini.

PT Eran Teknikatama menargetkan sepeda listrik ini mampu menjadi kendaraan sehari-hari masyarakat untuk bekerja hingga berwisata. Lantas seperti apa spesifikasi sepeda listrik ini?

Secara desain E-Run terlihat tidak jauh berbeda dari sepeda pada umumnya. Dari dimensinya, E-Run memiliki ukuran panjang 163 cm, lebar 60 cm dan tinggi 105 cm dengan memakai rangka yang terbuat dari material aluminium alloy.

Sumber energi dari sepeda listrik ini menggunakan baterai lithium cell tipe 18650 dengan kapasitas 500 watt. Dengan baterai itu, E-Run mempunyai top speed hingga 45 km/jam dengan daya tempuh hingga 50 kilometer.

E-Run juga dilengkapi dengan sistem transmisi 7 kecepatan shimano. Dengan transmisi ini akan menjadikan pengalaman bersepeda tidak terbatas meskipun di saat tidak menggunakan fungsi elektriknya.

Untuk sistem pengeremannya, E-Run menggunakan double brake system dengan elektronik ABS yang dipadukan dengan ban berukuran 20 inchi. Sistem pengereman ini memberikan efek rem menjadi lebih sensitif, halus dan efektif memperpendek jarak.

CEO PT Eran Teknikatama R Agung Nugraha menyatakan sepeda listrik asal Majalengka akan dibanderol dengan harga Rp 8 juta per unit. Meski belum diproduksi massal, pemesanan sepeda listrik tersebut hingga saat ini sudah mencapai 200 unit.

"1 unit sepeda kami targetkan di bawah Rp 10 juta, pengennya Rp 8 juta. Karena di atas Rp 10 juta itu ada motor listrik sekitar Rp 15 juta. Jadi pengennya setengah harga motor listrik ini. Sekarang sudah 200 unit pesanan. Target kita minimal perbulan 500 unit terjual nanti," ucap Agung, Jumat (7/1/2022).

Berikut ini spesifikasi umum dari E-Run buatan PT Eran Teknikatama:

Riding mode: Assist/Electric/Manpower
Battery: 48V/10-20AH (Removable Battery)
Waktu pengecasan: 3.5-8.0 jam
LCD screen: Speed, Total Range, Power Motor
500W Rear High Speed Motor
Tire: 20 inches beach tire
Kecepatan maksimal; 45KM/Hour
Speed: SHIMANO 7 Speed Gear
Break System: Front & Rear Brake
Suspension: Front & Rear Suspension
Weight: > 26.5 KG (Depend on Battery Capacity)
Material: Aluminum Alloy
Max Load: 150 KG (Safety Load < 120 KG)
Dimensi: 163 X 60 X 105 CM

(mso/bbn)