Racuni Kambing - Jual Bangkainya, Pencuri Ternak Diciduk Polisi

Dian Firmansyah - detikNews
Kamis, 06 Jan 2022 21:28 WIB
Purwakarta -

Satreskrim Polres Purwakarta berhasil meringkus dua pelaku pencurian kambing di Kampung Paranggombong, Desa Kutamanah, Kecamatan Sukasari, Purwakarta.

Keduanya MR (20) dan FM (20) warga Kecamatan Pasawahan, Purwakarta. Bahkan kedua pelaku ini sempat jadi bulan-bulanan massa ketika kepergok tengah mencuri kambing di TKP tersebut.

"Iya sempat diamankan warga, kemudian dibawa ke kantor desa, selanjutnya dibawa ke Polsek," ujar Kasatreskrim Polres Purwakarta AKP Arief Bastomy, Kamis (06/01/2022).

Arief mengatakan, kedua pelaku ini sudah melakukan aksi serupa di lokasi yang sama sebanyak dua kali. Adapun modus yang dilakukan, ialah dengan meracuni kambing sasaran hingga mati.

"Jadi pelaku menggunakan fortas yang dicampurkan ke dalam roti. Roti itu dikasihkan ke kambing. Setelah kambing mati kemudian dibawa dan diperjualbelikan," ucap Arief.

Saat ini, petugas masih mengejar seorang pelaku yang merupakan otak dari aksi pencurian ini. Pelaku yang buron ini memiliki ide pencurian dan menjual bangkai daging kambing itu.

"Untuk penjualan kemana dan berapa (bangkai kambing) kami masih melakukan penyelidikan, karena satu orang masih DPO (otak pencurian)," katanya.

Selain mengamankan pelaku, polisi polisi menyita barang bukti satu bungkus fortas dan tiga karung yang digunakan untuk membawa kambing curian.

"Pelaku terancam pasal 363 KUHP dengan ancaman 7 tahun penjara," pungkas kasat.

Sementara menurut pengakuan FM salah satu pelaku, ia hanya ditugaskan memberikan roti yang sudah dicampur fortas ke kambing sasaran, kemudian membawanya ketika sudah mati.

"Saya hanya ngambil kambing. Dari lokasi ke motor Aceng (DPO), kalau penjualan Aceng yang tau. Persatu ekor saya diberi Rp 50-100 ribu," kata FM dalam pengakuannya.

(yum/bbn)