ADVERTISEMENT

Kadispora Pandeglang Diturunkan dari Jabatannya Gegara Polemik Bupati Cup

Rifat Alhamidi - detikNews
Rabu, 05 Jan 2022 15:11 WIB
Bupati Pandeglang Irna Narulita saat melantik sejumlah pejabat.
Foto: Bupati Pandeglang Irna Narulita saat melantik sejumlah pejabat (Istimewa).
Pandeglang -

Bupati Pandeglang Irna Narulita resmi mengumumkan sanksi bagi Kadispora Dadan Saladin gegara polemik amplop hadiah Bupati Cup Rp 95 ribu. Dadan diberi sanksi penurunan pangkat jabatan.

Sanksi itu Irna umumkan saat melantik puluhan kepala dinas yang mengisi penyesuaian struktur organisasi tata kerja (SOTK) baru Pemda Pandeglang. Irna mengatakan, ia sengaja tak menghadirkan Dadan dalam pelantikan tersebut usai diberi sanksi penurunan pangkat.

"Jadi satu orang pejabat di eselon II turun pangkatnya satu tingkat dan hari ini tidak bisa dilantik," katanya di Aula Pendopo Pandeglang, Banten, Rabu (5/1/2022).

Irna mengaku sebenarnya mendapat dua rekomendasi sanksi bagi Dadan yaitu penurunan pangkat dan sanksi non job atau dibebastugaskan dari lingkungan Pemkab Pandeglang. Tapi, Irna lebih memilih opsi yang pertama yakni sanksi penurunan pangkat jabatan karena punya pertimbangan tersendiri.

"Saya masih punya hati, (Bagaimanapun) saya seorang ibu, (Jadi) saya pertimbangkan. Tapi dari sisi kesalahan, saya harus berikan shock terapi agar tidak terjadi lagi di kemudian hari," ungkapnya.

Asda I Pemkab Pandeglang Ramadani menambahkan rekomendasi sanksi yang disodorkan kepada Irna merupakan kategori sanksi yang berat. Pemkab juga mendorong Dadan Saladin cs tak ikut berkecimpung lagi di dunia olahraga dalam waktu yang panjang setelah dianggap mencoreng nama baik Bupati Pandeglang.

"Semuanya klasifikasi sanksi berat, kalau sanksi ringan cuma teguran doang. Kami pun rekomendasikan sementara off dulu keterlibatan mereka dari bidang itu (olahraga), lepas dulu," katanya.

Perihal instruksi Bupati Irna untuk pencopotan Kadispora, Ramadani mengungkapkan instruksi tersebut tak bisa langsung dilaksanakan oleh satgas. Salah satunya, pertimbangan mengenai status Dispora yang tahun ini akan dilebur dengan Disdikbud menjadi Disdikpora (Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga).

"(Jabatan) Kadispora mah pasti dicopot, kan hilang nanti OPD-nya dimerger dengan dindik. Cuma sanksi kepada yang bersangkutan pasti dilakukan, itu nanti pengumumannya di pelantikan pejabat. Kan enggak mungkin nanti dia (Kadispora) sendirian pas ada rotasi mutasi, gitu," pungkasnya.

(mso/mso)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT