Volume Kendaraan Meningkat, Truk Besar Diminta Keluar Tol Palimanan Cirebon

Sudirman Wamad - detikNews
Minggu, 02 Jan 2022 16:37 WIB
Tol Palimanan
Foto: Arus balik di Tol Palimanan (Istimewa).
Cirebon -

Polresta Cirebon, Jawa Barat, memberlakukan rekayasa lalu lintas terhadap kendaraan besar bersumbu tiga, seperti truk dan lainnya. Sebab, arus lalu lintas pada hari ini meningkat, terutama arah Jakarta.

Kendaraan sumbu tiga yang melintas di Tol Palimanan-Kanci (Palikanci) arah Jakarta dialihkan menuju jalur arteri atau pantura melalui pintu Tol Palimanan 4. Truk besar dilarang untuk melintas Tol Cipali.

"Ini sesuai dengan surat Dirjen Hubdat (Perhubungan Darat Kemenhub), kita pengalihan arus untuk kendaraan sumbu tiga. Sudah kita mulai sejak pukul 10.00 WIB, rencananya hingga 24.00 WIB," kata Kasat Lantas Polresta Cirebon Kompol Alam Haikel kepada awak media, Minggu (2/1/2022).

Alan mengatakan saat ini terjadi peningkatan volume kendaraan yang cukup signifikan di Tol Cipali. Selain itu, Alan mengatakan, di wilayah Karawang terjadi kepadatan arus lalu lintas.

"Pengalihan arus kendaraan sumbu tiga ini tujuannya adalah mengurangi kepadatan di Karawang. Di sana ada pertemuan arus antara dari Bandung dan Jawa," ucap Alan.

Alan mengatakan memaksa sumbu tiga untuk tetap melintas Tol Cipali hanya akan membebani kepadatan di wilayah Karawang. "Nanti akibatnya sulit untuk mengurai arus. Makanya dialihkan," kata Alan.

(mso/mso)