Arus Balik Libur Nataru, Lalin di Tol Cipali Arah Jakarta Mulai Ramai

Dian Firmansyah - detikNews
Minggu, 02 Jan 2022 14:26 WIB
Kondisi aru balik di ruas Tol Cipali.
Foto: Kondisi aru balik di ruas Tol Cipali (Dian Firmansyah/detikcom).
Purwakarta -

Meski masih ada sisa waktu, namun sebagian warga masyarakat yang mudik atau yang berwisata mulai melakukan perjalanan kembali ke tempat asal Jakarta dan sekitarnya. Hal ini terlihat dari mulai ramainya arus lalu lintas di ruas Jalan Tol Cipali.

Kondisi itu terpantau pada pukul 13.00 WIB, di kilometer 72, wilayah Purwakarta, Jawa Barat. Kendaraan sudah memadati dua lajur yang ada dan didominasi kendaraan pribadi. Kecepatan kendaraan masih normal dan arus pun masih lancar.

Menurut Kepala Posko Terpadu Polda Jabar Kompol Sofyan, diprediksi arus balik akan mulai ada peningkatan pada sore hingga malam nanti.

"Dipantau dari CCTV, arus di jalur tol masih lancar namun sudah ada peningkatan arus balik. Kita prediksi mulai pukul 16.00 WIB hingga malam arus akan ada lonjakan," ujar Sofyan ditemui di posko terpadu yang didirikan di Bungursari, Purwakarta, Minggu (2/1/2022).

Sofyan menyebutkan pihaknya sudah melakukan pengalihan sejak pukul 10.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB, kendaraan sumbu tiga ke arah dikeluarkan dari jalur tol mengarah ke jalur arteri.

"Sesuai instruksi Bapak Dirlantas, kendaraan sumbu tiga ke atas dikeluarkan dari tol dan masuk ke kantong parkir. Hal ini dilakukan untuk memperlancar arus perjalanan," katanya

Sementara skema penguraian kepadatan di jalur tol sudah disiapkan. Itu dilakukan jika diperlukan dan sesuai arah dari pihak Korlantas.

"Kita koordinasikan dengan Korlantas, nanti Korlantas yang memutuskan diberlakukan sistem contraflow atau sistem one way, saat ini tidak diberlakukan karena jalur masih lancar," ujar Sofyan.

Simak juga Video: Selama Nataru, Stasiun Pasar Senen-Gambir Layani 160 Ribu Penumpang

[Gambas:Video 20detik]




(mso/mso)