ADVERTISEMENT

Waspada Kecelakaan Laut di Palabuhanratu, Polisi Sebar Bendera Peringatan

Syahdan Alamsyah - detikNews
Jumat, 31 Des 2021 11:11 WIB
Polisi memasang bendera peringatan di kawasan teluk Palabuhanratu
Polisi memasang bendera peringatan di kawasan teluk Palabuhanratu (Foto: Syahdan Alamsyah)
Sukabumi -

Mencegah kecelakaan laut yang kerap terjadi di musim liburan, Polres Sukabumi dan unsur terkait menyebar bendera rambu di sepanjang pesisir teluk Palabuhanratu dan kawasan wisata air di wilayah hukumnya.

Kapolres Sukabumi AKBP Dedy Darmawansyah mengatakan kawasan pantai kerap diburu wisatawan terutama di musim liburan. Bendera rambu yang disebar diharapkan Dedy dijadikan peringatan boleh dan tidaknya pengunjung berenang di kawasan tersebut.

"Menjelang akhir tahun kami dari Polres Sukabumi melakukan langkah antisipasi untuk mencegah kecelakaan laut. Kami sudah koordinasi dengan tim untuk pemasangan tanda-tanda di lokasi rawan yang sudah sering terjadi terjadi kecelakaan tenggelam hingga korban nyawa," kata Dedy kepada detikcom, Jumat (31/12/2021).

Dedy menjelaskan tanda atau rambu yang terpasang memberikan peringatan apakah kawasan pantai tersebut aman untuk aktivitas air atau berbahaya.

"Bendera merah menandakan kondisi yang berbahaya, kemudian kuning menandakan kondisi yang cukup berbahaya lalu bendera hijau menandakan kondisi laut suatu pantai sangat aman," jelas Dedy.

Berdasarkan data yang diberikan, kasus kecelakaan laut tahun ini menurun bila dibandingkan dengan tahun 2020 lalu. untuk kasus kecelakaan laut 2020 sebanyak 38 kejadian dan 2021 sebanyak 27 kejadian turun sebesar 11 kasus.

"Kejadian korban meninggal dunia akibat laka laut tahun 2020 sebanyak 24 orang dan 2021 sebanyak 16 orang. Untuk korban hilang tahun 2020 sebanyak 11 orang dan tahun 2021 sebanyak 2 orang. Korban selamat dalam kecelakaan laut tahun 2020 sebanyak 46 orang dan 2001 sebanyak 28 orang yang selamat," pungkas Dedy.

Balawista Siap Jaga Pantai

Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) Kabupaten Sukabumi, memastikan keamanan wisatawan atau pengunjung yang berlibur ke pesisir pantai Selatan Sukabumi. Khususnya di penghujung tahun ini.

Kepala Bidang Kemitraan dan Kerjasama Balawista Kabupaten Sukabumi, Rizky Faizal mengatakan, tim gabungan yang terdiri dari, Polres Sukabumi, Balawista, Basarnas, Satpolair, dan berbagai relawan akan disiagakan di setiap titik objek wisata, terutama pesisir pantai Selatan Sukabumi.

"Tentunya kami dari personel gabungan akan siaga untuk melakukan pengawasan, penyelamatan, dan memastikan keamanan wisatawan yang datang ke objek wisata pesisir pantai Sukabumi," ujar Rizky.

Peralatan SAR laut mulai dari cube rescue, papan surfing rescue dan lainnya sudah disiapkan di pos pengawasan pantai. "Kami gunakan alat standar seadanya yang kami punya untuk penyelamatan kecelakaan laut (laka laut)," tegas Rizky.

(sya/mud)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT