Cerita Warga Saat Puting Beliung Sapu Ratusan Rumah di Rancaekek

Wisma Putra - detikNews
Jumat, 31 Des 2021 10:24 WIB
Warga memperbaiki rumah yang rusak terdampak puting beliung
Warga memperbaiki rumah yang rusak terdampak puting beliung (Foto: Wisma Putra)
Bandung -

Ratusan rumah terdampak angin puting beliung di Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung. Warga pun menceritkan detik-detik puting beliun tersebut menerjang.

Dari catatan Polsek Rancaekek, 109 rumah di dua desa di antaranya 56 Desa Rancaekek Kulon dan 63 Rancaekek Wetan terdampak.

Pantauan detikcom, Jumat (31/12/2021) di Perumahan Griya Utama Rancaekek RT 02 RW 20, sejumlah warga sedang melakukan perbaikan rumah. Membersihkan puing-puing atap rumah yang berserakan akibat tersapu angin puting beliung.

"Kemarin tuh kelihatannya dari depan ada pusaran angin, dari bawah kecil kemudian ke atas berat. Bergerak, dari arah utara baru ke daerah sekitar sini di Griya Utama ini," kata salah satu warga Undang Darmanto.

Setelah masuk ke dalam pemukiman, angin langsung ke arah persawahan. "Angin lalu ke selatan, dari sana hilang," tambahnya.

Undang menyebut, kejadian serupa pernah terjadi di kawasan perumahannya, tapi tidak separah seperti saat ini.

"Pernah kejadian tapi tidak separah seperti yang sekarang, hanya beberapa rumah. Kemarin tidak hujan, kalau hujan bisa lebih parah lagi, untungnya tidak sampai hujan," ujarnya.

Undang menyebut, warga saat inj membutuhkan bantuan material bangunan seperti asbes atau genteng karena masih ada atap rumah warga yang masih terbuka karena atasnya tersapu angin.

"Malem ada dari kelurahan dan BPBD harapan kita mengharapkan bantuan," harapnya.

Warga lainnya Salsa Fabian mengatakan, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. "Enggak ada," katanya.

Salsa menyebut, genteng rumah warga berhamburan saat kejadian angin puting beliung ini.

"Awalnya ada angin biasa, enggak ada hujan, terus lama kelamaan ada barang-barang kaya genteng, kanopi pada terbang pas keluar ada suara angin kenceng banget," ujarnya.

(wip/mud)