Herry Perkosa 13 Santriwati By Design, Kajati Jabar: Kejahatan Luar Biasa!

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Kamis, 30 Des 2021 19:45 WIB
Kajati Jabar Asep N Mulyana
Foto: Kajati Jabar Asep N Mulyana (Dony Indra Ramadhan/detikcom).
Bandung -

Herry Wirawan melakukan pemerkosaan terhadap 13 santriwati. Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Jawa Barat Asep N Mulyana menyebut perbuatan Herry dilakukan dengan terencana.

"Kalau tadi dari keterangan ahli, itu by design, jadi bukan perbuatan insidentil yang semata-mata, serta merta orang itu melakukan, tapi kemudian ditahap sana," ujar Asep usai lanjutan persidangan di Pengadilan Negeri (PN) Bandung, Jalan LLRE Martadinata, Kota Bandung, Kamis (30/12/2021).

Keterangan tersebut didapat Asep dari hasil pemeriksaan saksi dan ahli yang dihadirkan dalam persidangan. Dari hasil persidangan itu juga terungkap adanya pencucian otak oleh Herry.

"Jadi cuci otaknya dalam teori psikologi itu banyak, misalnya dia memberi iming-iming, memberi kesenangan, memberikan fasilitas yang dia tidak dapatkan sebelumnya, jadi diberikan itu," tutur dia.

"Sehingga dengan pelan-pelan, si pelaku itu mempengaruhi korban, 'saya kan sudah belikan kamu ini, saya kan memberi pekerjaan gratis, tolong dong kemudian kamu juga memahami kebutuhan saya dan keinginan saya' dan seterusnya," kata Asep.

Dari hasil pemeriksaan saksi ini juga dia menyimpulkan bila perbuatan yang dilakukan oleh Herry merupakan kejahatan yang amat kejam.

"Kami dapat simpulkan dari persidangan hari ini bahwa ini kejahatan sangat luar biasa. Tidak saja berdampak pada korban, tapi juga menyebabkan dampak dan keresahan sosial yang luas," tuturnya.

Seperti diketahui, Herry disidangkan atas kasus pemerkosaan terhadap 13 santriwati di Bandung. Bahkan beberapa orang santriwati hamil dan melahirkan anak.

(dir/mso)